3 Khasiat Minum Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi infused water. shutterstock.com

Ilustrasi infused water. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum infused water sudah menjadi tren selama lebih dari lima tahun di masyarakat. Bahkan ada beragam klaim mengenai infused water, meski belum tentu terbukti secara medis. Infused water pada dasarnya adalah air mineral yang dicampur dengan potongan buah, terutama lemon. Cairan ini juga disebut sebagai air detoks karena diklaim bisa membuang racun di dalam tubuh, meningkatkan energi hingga membantu Anda mengurangi berat badan.

Dengan memasukkan buah-buahan ke dalam air putih, infused water mengandung kalori yang lebih sedikit dibanding jus buah. Fakta ini membuat infused water kerap direkomendasikan untuk orang yang tengah berusaha menurunkan berat badan. Secara kesehatan, infused water memang memiliki berbagai manfaat. Perlu dicatat bahwa infused water pada dasarnya adalah air biasa. Dengan kata lain, khasiat infused water pada dasarnya sama dengan manfaat yang akan Anda dapatkan jika meminum banyak air putih.

Tiga manfaat minum infused water untuk kesehatan tubuh

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat infused water yang sama dengan air minum pada umumnya ialah melancarkan pencernaan. Dengan minum banyak air, saluran pencernaan akan terhindar dari dehidrasi kronis yang dapat mengakibatkan terjadinya perut kembung hingga konstipasi.

2. Membantu menurunkan berat badan

Studi menunjukkan bahwa minum air setidaknya setengah liter dapat meningkatkan metabolisme hingga 30 persen selama satu jam ke depan. Minum air lebih banyak juga kerap direkomendasikan sebagai salah satu cara diet yang natural bagi semua orang.

Studi lain menyatakan bahwa orang dewasa yang minum setengah liter air sebelum makan, dapat menurunkan berat badan 40 persen lebih cepat dibanding yang tidak melakukannya. Hal ini mungkin juga dikarenakan air putih memberi efek mengenyangkan sehingga Anda akan makan lebih sedikit setelah minum air putih maupun infused water.

3. Meningkatkan mood dan energi

Tahukah Anda kekurangan cairan juga bisa membuat mood Anda buruk? Ya, fakta itu sudah terverifikasi oleh studi yang menyatakan bahwa dehidrasi ringan pun dapat mengakibatkan penurunan mood, konsentrasi, hingga sakit kepala.

Saat ini, buah yang dapat dijadikan campuran infused water sangat beragam, namun salah satu yang paling populer adalah lemon. Manfaat infused water lemon di antaranya sebagai antioksidan. Air lemon terbukti mengandung flavonoid, yakni zat antioksidan dari tanaman yang berfungsi mencegah kerusakan sel.

Flavonoid pada lemon terbukti dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan metabolisme, serta mengurangi stres. Namun, fungsi itu baru didasarkan atas penelitian laboratorium dan belum pernah diuji pada manusia.

Manfaat lain infused water lemon adalah mengatasi batu ginjal. Air lemon mengandung citrate yang dapat mencegah pengerasan mineral di dalam ginjal yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Namun, manfaat infused water lemon dalam mengatasi batu ginjal ini lebih efektif jika dibarengi dengan konsumsi suplemen yang mengandung potassium citrate.

Anda mungkin pernah mendengar manfaat infused water lainnya, seperti meningkatkan sistem imun, infused water sebagai penyeimbang hormon dalam tubuh (bersifat alkali), mengeluarkan racun di dalam tubuh, hingga mengobati kanker. Meski demikian, belum ada penelitian medis yang membenarkan klaim tersebut.

Klaim meningkatkan sistem imun, misalnya, dicap terlalu berlebihan. Memang, makan buah akan meningkatkan sistem imun, apalagi jika infused water Anda dicampur dengan buah yang kaya akan vitamin C seperti lemon. Namun, vitamin C yang Anda konsumsi dari infused water sangat sedikit sehingga tidak signifikan dalam meningkatkan sistem imun.

Meski demikian, tidak ada salahnya jika Anda rutin meminum infused water sebagai bagian menjaga kesehatan. Apalagi, minum infused water yang dibarengi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi bisa membuat tubuh lebih mudah menyerap mineral tersebut.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."