9 Manfaat Buah Zuriat, Cegah Penuaan Dini dan Atasi Alergi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Buah Zuriat (Sehatq.com)

Buah Zuriat (Sehatq.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah zuriat selama ini dikenal bisa membantu program kehamilan. Ternyata, manfaat buah zuriat bukan itu saja, ada segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Mulai dari atasi alergi, peradangan hingga cegah penuaan dini

Buah asal Mesir ini memiliki kadar air sebanyak 24,05 persen, kaya akan antioksidan, protein, dan serat. Selain itu, buah yang banyak dijual di Arab Saudi ini juga mengandung makronutrisi, seperti vitamin (terutama vitamin B) dan mineral (seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor).

Berikut 10 manfaat buah zuriat mengutip laman Yes Health pada Kamis, 13 Agustus 2020

1. Bernutrisi tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa buah zuriat mengandung nutrisi yang sarat akan mineral, protein dan asam lemak, khususnya pada nutrisi esensial asam linoleat. Identifikasi senyawa dengan kromatografi lapis tipis, menunjukkan bahwa buah ini mengandung sejumlah saponin, kumarin, hidroksinamat, minyak atsiri, dan flavonoid yang signifikan.

2. Cegah penuaan dini

Sebuah studi klinis membuktikan bahwa kandungan buah ini akan memberikan efek yang baik bagi kulit wajah, seperti kesehatan dan mencegah penuaan dini.

3.  Melawan radikal bebas

Buah zuriat mengandung antioksidan dan nitrogen reaktif yang sangat baik untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit kanker yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

4. Mencegah dan mengurangi stres

Buah zuriat mengandung fitokimia antioksidan yang sangat banyak seperti flavonoid, coumarin, hidroksinamat dan komponen lignin yang sangat bermanfaat sekali untuk mencegah dan juga untuk mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas.

5. Anti-hipertensi

Buah ini juga sering dikunyah dan sangat bermanfaat untuk mengontrol hipertensi. Anda dapat mengunyah potongan buahnya saat masih mentah, tapi saat sudah matang buah akan sulit dimakan.

6. Antioksidan

Dalam pengobatan tradisional Cina selama lebih dari 2.000 tahun, buah ini direkomendasikan untuk meningkatkan asupan makanan yang kaya antioksidan (seperti polifenol, karotenoid) untuk efek kesehatan yang sangat terkenal. Buah ini memang dikenal kaya antioksidan. 

7. Mengatasi alergi

Buah ini mengandung flavonoid dan juga hydroxycinnamates yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengatasi alergi.

8. Mengatasi radang

Jika sedang terluka atau infeksi bisa memakan buah ini karena mengandung anti-peradangan.

9. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah zuriat sangat baik untuk mencegah penyakit kanker. 

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."