Kacang Almond dan 4 Asupan Ini Cegah Penuaan Dini

Ilustrasi wanita cantik berwajah bersih. shutterstock.com

kecantikan

Kacang Almond dan 4 Asupan Ini Cegah Penuaan Dini

Minggu, 4 Agustus 2019 08:35 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Proses penuaan lumrah terjadi seiring pertambahan usia. Namun bila Anda tidak memperhatikan asupan makanan dan minuman, kemungkinan besar terjadi penuaan dini. Tentu itu bukan hal yang diidamkan. Maka dari itu, ada baiknya kita meninjau kembali kebiasaan makan dan minum selama ini.

Bila sudah oke, lanjutkan kebiasaan pola hidup sehat yang sudah ada. Bagi yang belum berikut, sejak saat ini perhatikan manfaat makanan dan minuman yang bermanfaat menangkis kerutan dan masalah penuaan lainnya. 

Melansir dari laman Live Strong dan News18, berikut adalah makanan dan minuman yang diyakini atasi penuaan dini. 

1.Teh hijauMengkonsumsi segelas teh hijau setiap hari terbukti ampuh menghindarkan Anda dari penuaan dini. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yang dapat melawan inflamasi, memperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi stres. Selain diteguk, sari-sari teh hijau juga bisa Anda gunakan sebagai masker guna menyehatkan kulit dari luar.

2. Buah-buahanJika Anda tidak suka mengkonsumsi buah, inilah saatnya untuk berubah pikiran. Sebab bagi buah-buahan tertentu seperti anggur, blueberry, pomegranate, apel, dan blackberry dipercaya mengandung antioksidan yang tinggi. Layaknya teh hijau, buah-buahan itu bisa mengatasi inflamasi dan mengurangi stres, kondisi ini terjadi seiring bertambahnya usia.

3. Air detoksBeberapa waktu lalu, air detoks sempat menjadi tren di kalangan anak muda. Dalam hal ini, mereka menyiapkan air dan potongan buah yang direndam. Apabila Anda melakukan ini, ditambah dengan pilihan buah seperti lemon atau timun, dipercaya bisa menjaga tubuh dari penuaan dini.

Sebab, kandungan ambrosia pada air detoks ini dapat membuang racun dan meningkatkan kesehatan kulit dan hati Anda. Selain itu, ia juga bisa membantu melembabkan tubuh Anda, serta meminimalkan mata bengkak dan lingkaran hitam alias mata panda.

4. Kacang-kacanganKacang kenari, almond, pistachio, biji labu, biji rami, dan kismis dipercaya mengandung senyawa baik untuk memberantas penuaan dini. Hal tersebut dikarenakan kandungan lemak sehat yang ada pada kacang-kacangan. Kandungan itu bisa menstabilkan kolesterol dan membuat kulit jadi bercahaya. Oleh karena itu, ambil segenggam kacang setiap hari dan kunyah saat Anda merasa lapar.

5. Sajian lautSarden, salmon, tuna dan makarel mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi yang dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan pengeriputan dini. Sedangkan tiram yang kaya akan seng, bisa melindungi mata Anda dari degenerasi makula dan hilangnya otot lengan seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, konsumsilah sajian laut secara variatif, setidaknya satu minggu sekali untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA