Kaya Vitamin C, 6 Buah Ini Dapat Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi

kesehatan

Kaya Vitamin C, 6 Buah Ini Dapat Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi

Selasa, 28 Juli 2020 21:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Asupan buah yang kaya akan vitamin C sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh atau imunitas, terutama di masa pandemi Covid-19. Menurut para ahli, mengkonsumsi makanan kaya vitamin C tidak hanya dapat membantu dalam meningkatkan imunitas dan metabolisme, tetapi juga melindungi tubuh dari beberapa penyakit lainnya.

Berikut beberapa buah yang direkomendasikan untuk meningkatkan imunitas selama pandemi Covid-19, seperti dilansir dari Times of India, Senin, 27 Juli 2020.

1. Jambu biji

Selain sebagai sumber vitamin C yang baik, jambu biji juga kaya serat dan mineral seperti kalium yang membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga beberapa penyakit. Nutrisi dalam jambu biji membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar gula.

2. Lemon

Dengan kandungan vitamin C dan asam sitrat, lemon meningkatkan imunitas secara alami. Asam sitratnya membantu menghilangkan lemak. Selain mencegah penyakit, minum jus lemon dengan air hangat dan madu bisa menurunkan berat badan.

3. Pepaya

Pepaya dikenal sebagai obat pencahar alami yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Antioksidannya membantu detoksifikasi tubuh dan mengembalikan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Pepaya juga membantu regenerasi sel.

4. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, serat dan mineral seperti tiamin dan kalium. Selain itu, jeruk memiliki indeks glikemik yang rendah yang bagus untuk penderita diabetes yang ingin mengontrol berat badan.

5. Amla

Amla atau buah malaka, disebut juga Indiangooseberry, adalah sumber yang kaya vitamin C, zat besi, folat dan kaya antioksidan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Contemporary Clinical Trials Communications 2020 baru-baru ini, diketahui bahwa antioksidan dalam amla secara substansial dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif dan meningkatkan fluiditas darah dalam tubuh.

6. Paprika

Paprika adalah sumber vitamin C, E, A, serat dan mineral seperti folat dan kalium. Folat membantu dalam meningkatkan hemoglobin dan selanjutnya membantu penyerapan zat besi selama proses pemecahan molekul makanan selama pencernaan.