Meisya Siregar Cerita Ragam Manfaat Mendongeng untuk Anak

Meisya Siregar dan putranya Bambang. Instagram.com/@meisya__siregar

keluarga

Meisya Siregar Cerita Ragam Manfaat Mendongeng untuk Anak

Rabu, 22 Juli 2020 17:30 WIB
Reporter : Non Koresponden Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Presenter Meisya Siregar mengaku mendongeng sejak anak ketiganya, Muhammad Bambang Arr Reybach, berusia satu setengah tahun. Istri Bebi Romeo itu merasakan betul manfaat mendongeng untuk tumbuh kembang anak serta meningkatkan bonding atau ikatan emosional di antara mereka berdua.

 “Aku seneng banget dongeng, banyak manfaat positifnya, salah satunya untuk stimulasi tumbuh kembang Bambang,” ucap Meisya dalam jumpa pers virtual pada Selasa, 21 Juli 2020.

Menurut Meisya, mendongeng membuatnya semakin dekat dengan sang putra yang kini berusia tiga setengah tahun. Sebab tercipta komunikasi dua arah di antara mereka. Bambang mengajaknya menirukan karakter yang ada di dongeng. “Pas lagi cerita, Bambang sering bilang ‘Bun coba sekarang aku jadi Kancil, bunda yang jadi burung kasuari,’ nah terus kita langsung bermain peran disitu,” jelasnya.

Di sela-sela dongeng, Bambang pun antusias bertanya mengenai cerita yang tengah dibacakannya. “Beda sama kegiatan lain, ketika mendongeng kita bisa akrab banget, Bambang bisa fokus dan masuk ke ceritanya, dia berkhayal, berimajinasi, dan bertanya,” kata perempuan berusia 41 tahun itu.

Selain itu, Meisya merasakan putranya dapat menyerap nilai-nilai moral yang baik dalam dongeng bagi dirinya sendiri.

“Dia sering nanya, ‘kok dia begitu? kan enggak boleh seperti itu, berarti dia bukan anak baik,’” tutur Meisya menirukan suara Bambang. Meisya juga melihat Bambang mengalami peningkatan dalam kosakata bahasa dari ragam cerita dongeng yang dibacakan.

MUHAMMAD AMINULLAH