Kandungan Nutrisi dan Manfaat dalam Sepotong Ikan Tuna

ilustrasi ikan tuna (pixabay.com)

kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat dalam Sepotong Ikan Tuna

Minggu, 14 Juni 2020 17:19 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ikan tuna termasuk salah satu bahan pangan yang baik untuk kesehatan. Tuna adalah makanan dengan indeks glikemik rendah dan menjadi sumber selenium yang sangat baik.

Ikan tuna juga mengandung vitamin B3, niasin, B12, B6, protein, fosfor, vitamin D, kalium, magnesium, kolin, vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (ribofavin), dan yodium. Jenis ikan ini biasanya hanya memiliki kandungan 0,49 gram lemak dan sekitar 24 gram protein.

Berikut manfaat mengkonsumsi ikan tuna seperti dikutip dari situs medindia.

  1. Antikerut

    Kandungan asam lemak tak jenuh dalam ikan tuna mampu membantu melembapkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

  2. Antioksidan

    Senyawa yang mengandung selenium dan selenonein adalah bentuk utama dari selenium organik yang ditemukan dalam darah dan jaringan ikan tuna. Senyawa selenium mengandung antioksidan yang kuat. Dalam 100 gram daging ikan tuna mengandung sekitar 90 mikrogram selenium yang setara dengan lebih dari 100 persen nilai harian yang dibutuhkan.

  3. Menguatkan tulang

    Ikan tuna, khususnya tuna sirip kuning, mengandung vitamin D yang berperan penting dalam penyerapan kalsium dan memperkuat tulang. Ikan tuna juga memiliki magnesium dan fosfor yang signifikan untuk mendukung kesehatan tulang.

  4. Baik untuk jantung

    Dalam 100 gram tuna ada sekitar 400 miligram kalium, yang merupakan vasodilator untuk membantu menurunkan tekanan darah. Ikan tuna juga merupakan sumber niasin yang baik dan mengandung vitamin B kompleks yang dapat mendukung fungsi jantung.

  5. Sumber energi

    Ikan tuna menjadi sumber vitamin B12, folat, dan B kompleks. Vitamin B12 membantu membuat dan menjaga saraf serta sel-sel darah tetap sehat. Ini penting untuk mencegah anemia megaloblastik, gangguan defisiensi yang membuat orang mudah lelah dan lemah. Vitamin B6 pada ikan tuna meningkatkan energi dan metabolisme serta melindungi saraf.

  6. Menyembuhkan stroke

    CoQ10 dan vitamin B3 (niasin) adalah elemen penting dalam penyembuhan dan proses pencegahan stroke. CoQ10 adalah komponen vital metabolisme energi sel yang penting untuk fungsi normal mitokondria. Sementara vitamin B12, niasin, vitamin E, dan vitamin C mengurangi faktor risiko terkena stroke.

  7. Sumber protein

    Protein adalah blok pembangun otot, tulang, tulang rawan, darah, dan kulit. Protein membangun dan memperbaiki jaringan. United States Food Plate menganjuran seperempat isi piring terdiri dari protein. Dan tuna merupakan pilihan yang tepat. Per 100 gram tuna menyediakan sekitar 24 gram protein yang setara dengan 50 persen kebutuhan harian.