4 Alasan Pentingnya Membaca Buku untuk Bayi

Ilustrasi membaca buku untuk bayi. Bisnis.com

keluarga

4 Alasan Pentingnya Membaca Buku untuk Bayi

Jumat, 1 Mei 2020 16:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pentingnya membaca buku untuk bayi sedari dini. Selain menguatkan ikatan orang tua dan anak, membaca buku juga bagian dari meningkatkan keterampilan bahasa, kreativitas, dan komunikasi mereka. Upayakan pula suara dan pelafalan Anda jelas saat membaca buku untuk bayi. Sebab bahasa pertama yang dikenal bayi adalah suara.

Yuk, simak pentingnya membaca buku untuk bayi sejak dini mengutip laman Times of India pada 1 Mei 2020

1. Menetapkan dasar bahasa

Membaca untuk bayi itu ibarat membangun fondasi kemampuan berbahasa mereka di masa depan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga pelajaran awal cara komunikasi si anak. Maka dari itu, pastikan Anda membacanya dengan suara dan pelafalan yang jelas. Jangan lupa tatap wajah mereka secara berkala.

2. Membentuk keterampilan sosial

Ketika Anda membaca buku untuk si kecil berarti Anda berinvestasi secara ikatan emosi, karakter, dan tumbuh kembang anak. Suara dan ekspresi yang Anda gunakan menciptakan kepekaan emosional pada anak Anda. Cerita-cerita yang Anda sampaikan juga berdampak pada keterampilan sosial bayi ke depannya. Jadi, jeli dalam memilih buku sesuai tumbuh kembang mereka.

3. Membangun keterampilan komunikasi

Kosakata bayi juga meningkat saat Anda membacakan buku. Semakin beragam jenis buku yang dibaca, maka memori bayi menampung kata-kata yang didengarnya secara berulang. Kemampuan komunikasi mereka juga meningkat dengan ragam kata tersebut.

4. Menginspirasi anak gemar membaca

Saat Anda rutin membaca untuk bayi merupakan contoh baik untuk mereka ke depannya. Mereka berpeluang gemar membaca saat sudah mulai sekolah. Bukan itu saja, mereka mudah beradaptasi dengan aneka bacaan karena sejak kecil sudah mendengar beragam buku. Meluangkan waktu membaca buku untuk anak juga mengisyaratkan bahwa kegiatan ini penting dan bermanfaat.