Shandy Aulia Menidurkan Anak sembari Bernyanyi, Cek Manfaatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Shandy Aulia dan putrinya, Claire Herbowo. Instagram.com/@shandyaulia

Shandy Aulia dan putrinya, Claire Herbowo. Instagram.com/@shandyaulia

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Shandy Aulia dan David Herbowo tengah menikmati saat-saat menjadi orang tua baru. Shandy kerap membagikan sejumlah kegiatan bersama putrinya, Claire Herbowo lewat unggahan di Instagram.

Salah satu contohnya di video yang diunggah pada Kamis, 26 Maret 2020, Shandy tampak menidurkan putri yang dinantinya selama 7,5 tahun. Ia bergaya santai memakai kaus putih dan hot pants motif warna pelangi di dalam kamar anaknya. Pemeran Tita dalam film Eiffel I'm in Love ini tampak menari sembari sesekali menyanyikan lagu klasik.

"Cara ampuh boboin @clairegerbowolittlejoy. Bener-bener ya kamu Claire cool banget jadi baby udah gitu kenapa jutek mirip daddy ya," tulis Shandy dalam keterangan videoonya.

Selanjutnya di unggahan pada Sabtu, 28 Maret 2020, Shandy mengunggah video sang suami, David Herbowo menggendong Claire sembari menari seperti berdansa dan diiringi lagu klasik.

Pasangan yang menikah pada 12 Desember 2011 ini tampaknya menyenangi alunan lagu klasik. Hal itu juga pernah ditanyakan warganet lewat unggahan Insta Stories aktris 32 tahun itu. Shandy pun menjawab musik klasik merupakan kesukaan suaminya.

Kebiasaan Shandy Aulia dan suami mendengarkan lagu kepada Claire bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Selain untuk menidurkannya, Anda bisa lakukan hal tersebut saat bermain dengannya. Sebab sejak lahir, bayi memiliki pemahaman yang baik tentang suara dan ritme yang mereka sukai. 

Sementara itu, kebiasaan bernyanyi untuk bayi membuat  mereka memperhatikan Anda lebih lama dan melatih konsentrasinya. Tercipta pula hubungan yang kuat antara orang tua dan anak.

Berikut sejumlah manfaat saat orang tua bernyanyi untuk buah hati mereka seperti dilansir dari laman Gooey Brains, Selasa 31 Maret 2020

1. Meningkatkan hubungan emosional orang tua dan bayi

Salah satu manfaat bernyanyi untuk bayi adalah membangun bonding atau jalinan emosional orang tua dan anak. Ketika Anda bernyanyi akan tercipta momen sentuhan, memegang, berpelukan, bergoyang, dan menepuk bayi sesuai ritme lagu Anda. Bernyanyi juga akan melibatkan kontak mata, tersenyum, dan mengangguk. 

Banyak ilmuwan percaya bahwa bernyanyi sangat penting untuk mengembangkan perasaan aman si bayi karena meningkatkan pandangan mata bersama. Ketika Anda mengadakan kontak mata dengan bayi Anda, mereka mendapatkan pesan bahwa mereka penting, mereka dicintai, dan mereka adalah pusat dari dunia Anda.

2. Meningkatkan komunikasi

Tahukah Anda bahwa bernyanyi untuk bayi Anda adalah bentuk komunikasi emosional yang luar biasa? Saat lahir, bayi Anda langsung mengenali suara sang ibu. Suara orang tua dan keluarga dekat lainnya sangat penting bagi bayi terutama saat kemampuan penglihatan mereka belum optimal di beberapa bulan pertama. 

Mereka merasa terhibur dengan mendengar suara Anda berada di dekatnya. Selain itu, bernyanyi untuk baik bisa meningkatkan detak jantung, laju pernapasan, kualitas tidur, pola makan, dan pertambahan berat badan bayi.

Kadang-kadang melalui lagu Anda bisa berkomunikasi dengan bayi. Orang tua bisa menggunakan nada suara, tempo lagu, ekspresi wajah, dan gerak tubuh mereka untuk menyampaikan pesan-pesan emosional kepada buah hati. Contohnya, Anda dapat bernyanyi lebih cepat atau dengan nada lebih tinggi, jika mereka kehilangan konsentrasi atau sebaliknya beralih ke tempo yang lebih lembut ketika mereka perlu ditenangkan.

3. Membentuk emosi

Bayi baru lahir belum tahu cara mengatur perasaan atau emosi mereka. Itu sebabnya mereka sangat sering menangis sebaagi cara berkomunikasi saat membutuhkan pertolongan atau menginginkan sesuatu.

Seiring waktu, dengan bantuan Anda, bayi akan menumbuhkan koneksi saraf-saraf di otak yang membantunya memahami emosi dan mengaturnya secara lebih mandiri. Bernyanyi adalah media yang membantu bayi Anda mempelajari keterampilan tersebut. 

4. Meningkatkan perkembangan kognitif

Bernyanyi untuk bayi juga dapat meningkatkan perkembangan kognitif, yaitu mengembangkan keterampilan dalam memperhatikan waktu yang lebih lama dan mempertahankan konsentrasi mereka. 

Bernyanyi salah satu media untuk membantu bayi mengenal bahasa selain bahasa ibu. Pengulangan lirik dalam lagu anak-anak meningkatkan perkembangan bahasa dan meningkatkan keterampilannya dalam mendengarkan. Seiring pertambahan usia bayi semakin berviariasi lagu yang Anda kenalkan. 

Saat mendengarkan lagu atau nyanyian Anda, bayi akan merespons lewat senyum yang lebih lebar, gerakan tubuh, dan suara-suara baru. 

Selamat mencob, Bu!

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."