Selain Karantina Diri, Asmara Abigail Bagi 3 Tips Cegah COVID-19

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Asmara Abigail di Milan, Italia. (Instagram - @asmaraabigail)

Asmara Abigail di Milan, Italia. (Instagram - @asmaraabigail)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Asmara Abigail kini tengah berada di Milan, Italia. Ia turut merasakan suasana Italia saat ini yang menerapkan lockdwon, yaitu penguncian secara nasional untuk mencegah penyebaran virus corona baru atau COVID-19. Penerapan itu disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte sejak Selasa, 10 Maret 2020,

Lewat akun Instagramnya, pemeran Kuntilanak di film Mangkujiwo itu mengabarkan kondisinya. "Aku cinta kamu Italia. Saya menghabiskan awal usia 20-an di Milan, itu selalu menjadi keputusan terbesar yang pernah saya buat. Tidak hanya memperluas pandangan saya tentang diri saya dan  kehidupan, Italia memberi saya lebih dari itu," tulis Asmara pada Selasa, 10 Maret 2020.

Hingga Rabu, 11 Maret 2020 Asmara Abigail terus memperbarui informasi dirinya. Asmara mengatakan, dua pekan yang lalu jumlah pasien corona di Italia adalah 14 orang dan sekarang sudah di atas 10 ribu. Pemerintah Italia melakukan tes COVID-19 pada lebih dari 30 ribu orang, sedangkan Prancis hanya 3.000 dan Jerman 4.000. Banyaknya jumlah orang yang tes membuat angka pasien di Italia paling tinggi.

"COVID-19 ini masalah serius bukan main-main, ini masalah global bukan masalah Cina atau Italia saja. Ini saatnya kita bersatu sebagai warga negara dunia untuk bekerja sama dengan baik memerangi virus ini dengan cara yang bijak dan bertanggung jawab," kata Asmara.

Ia menambahkan, meski kematian dua persen, penyebarannya sangat cepat. Self quarantine atau lockdown satu negara diperuntukkan membantu sistem kesehatan publik.

Kebijakan tersebut dilakukan supaya dokter dan suster bisa menyembuhkan pasien yang sudah terjangkit dan butuh pertolongan darurat. Sebab, fasilitas kesehatan publik tidak akan cukup untuk melayani lonjakan pasien positif yang angkanya bisa mencapai ribuan.

Dalam unggahan video itu, Abigail menceritakan semua kantor, sekolah, universita, tempat ibadah hingga tempat hiburan ditutup. Pertandingan bola dibatalkan, bahkan pesepak bola Cristiano Ronaldo pun berada di rumah. Milan Fashion Week hari terakhir pun hanya pakai giant screen dan streaming.

Pemeran film Pengabdi Setan ini juga menyampaikan imbauan terkait pencegahan COVID-19, selain ajakan mengarantina diri sendiri.  

1. Hindari tempat publik

Jika harus keluar rumah jaga jarak minimal satu meter dengan orang lain dan jangan kontak fisik sama sekali.

2. Bersihkan barang

Hindari penggunaan uang cash, bersihkan semua barang yang biasa kita pegang dengan disinfektan.

3. Bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri dan orang lain

Karena rata-rata satu pasien positif bisa menginfeksi tiga orang. Sementara anak-anak di sini dilarang bertemu kakek-neneknya. Anak-anak memang miliki imun kuat untuk virus corona, tapi mereka juga bisa menjadi carrier yang baik.

"Cina, Italia dan negara-negara lain sudah mengalami kerugian ekonomi yang sangat besar dampak dari lockdown karena bisnis semua shut down, tapi ini demi kebaikan kita semua. Dan dampak positifnya adalah berkurangnya carbon footprint. Alam punya caranya sendiri untuk mencari keseimbangan," tulis Asmara Abigail mengakhiri keterangan video yang diunggah Kamis, 12 Maret 2020.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."