Sarwendah Adopsi Betrand, Ini Saran Pakar Saat Ekspresikan Sayang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ruben Onsu dan Sarwendah mengecup pipi Betrand Peto dalam foto yang diunggah pada 5 Oktober lalu. Instagram/@Sarwendah29

Ruben Onsu dan Sarwendah mengecup pipi Betrand Peto dalam foto yang diunggah pada 5 Oktober lalu. Instagram/@Sarwendah29

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan selebriti Ruben Onsu dan Sarwendah mengadopsi Betrand Peto di usia remaja,tepatnya 13 tahun. Kedekatan mereka berawal sejak Ruben menjadi produser Betrand sebagai penyanyi. Namun belakangan sosok Betrand tengah menjadi perhatian publik.

Kontroversi dimulai sejak pemberian air susu ibu (ASI) Sarwendah untuk Betrand sampai sikap manja dan bagaimana ia menunjukkan bahasa kasihnya yang dinilai terlalu berlebihan. Publik menilai di usianya yang telah beranjak remaja, Betrand terlampau berlebihan dalam menunjukkan ekspresi sayang kepada ibu angkatnya, Sarwendah.

Lalu bagaimana sebaiknya menjaga jarak antara ibu dan anak laki-laki angkatnya? Psikolog Anisa Cahya yang dihubungi Tempo, Minggu 15 Desember 2019 mengatakan apa yang tengah dialami oleh Sarwendah dan Bertrand terkait dengan edukasi yang mereka lakukan di rumah.

Jika anak diadopsi di usia pra-remaja, maka orang tua perlu memberikan edukasi secara pintas dan cepat, agar anak segera mengetahui aturan-aturan yang perlu disepakati. "Setiap keluarga memang memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda. Namun aturan umum tetap berlaku, yaitu terkait dengan norma sosial dan agama," lanjut Anisa.

Anisa menilai, jika orang tua perlu memberi batasan, adegan peluk dan cium yang seperti apa yang boleh dilakukan di antara ibu dan anak angkat. Jika ada yang melebihi batas, orang tua yang berperan memegang tongkat kendalinya. Jika anak remaja ini menunjukkan gejala perilaku yang berlebihan dalam mengekspresikan bahasa cinta, maka orang tua perlu segera mengingatkannya.

Ruben Onsu mengunggah foto bersama Sarwendah dan ketiga anaknya, Betrand, Thania dan Thalia. Sejak resmi masuk ke dalam keluarga Onsu, Betrand pun ikut sering ikut bergaya di media sosial. Instagram/@Roben_onsu

Anisa pun memberi contoh perilaku yang berlebihan. "Yaitu ketika terlihat ada gejolak hawa nafsu yang tidak sepantasnya. Jika hal ini sudah telanjur terjadi, maka perlu dikoreksi. Tidak ada kata terlambat, karena orang tua yang memegang kendali komunikasi ini," imbuh ia.

Meski begitu, ibu tetap bisa memberikan kasih sayang kepada anak angkat laki-laki, tanpa berlebihan. Anisa menyarankan dengan konsisten memberi contoh bahasa cinta yang sesuai dengan aturan yang disepakati.

"Sentuh anak laki-laki ini secukupnya, dengan cara yang lembut dan keibuan. Jaga diri sendiri agar tidak memberi kesempatan untuk terjadinya kontak fisik yang menimbulkan sensasi seksual, karena anak sedang mengalami fase pubertas," tutur ia.

Utamakan ungkapan verbal yang bisa memberikan keyakinan, bahwa ibu selalu menyayanginya. Lakukan kontak mata yang teduh dan mengayomi, agar anak bisa merasakan kasih sayang seorang ibu yang sangat dibutuhkannya. Berikan perlakuan yang sepadan dengan anak kandung, baik melalui hadiah, perhatian, dan kualitas komunikasi.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."