Bella Hadid Jadi Wanita Tercantik versi Sistem Yunani Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Bella Hadid berjalan diatas catwalk saat memperagakan busana musim semi/panas 2020 Versace dalam acara Milan Fashion Week, Milan, 20 September 2019. REUTERS/Alessandro Garofalo

Bella Hadid berjalan diatas catwalk saat memperagakan busana musim semi/panas 2020 Versace dalam acara Milan Fashion Week, Milan, 20 September 2019. REUTERS/Alessandro Garofalo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain rangkaian ajang kontes kecantikan yang tersebar di mancanegara yang mendaulat perempuan tercantik dengan beragam aspek, adapula sistem pengukuran wajah cantik yang eksis sejak zaman renaisans Eropa hingga saat ini, The Golden Ratio of Beauty Phi. Di tahun 2019, Bella Hadid dinilai memiliki wajah tercantik.

Seniman dan arsitek menggunakan persamaan The Golden Ratio of Beauty Phi sebagai bantuan untuk menciptakan karya terbaik. Mengutip dari laman Daily Mail, sejak zaman itu para ilmuwan mengadaptasi rumus matematika untuk mengukur tampilan wajah yang cantik. Panjang dan lebar wajah seseorang diukur dan kemudian hasilnya dibagi. Menurut Golden Ratio, hasil yang ideal kira-kira 1,6.

Pengukuran kemudian diambil dari garis rambut dahi ke titik di antara mata, dari titik di antara mata dan bagian bawah hidung dan dari bagian bawah hidung ke bagian bawah dagu. Seseorang dianggap lebih cantik, jika angkanya sama. Untuk dianggap cantik menurut Golden Ratio, panjang telinga harus sama dengan panjang hidung. Kemudian lebar mata harus sama dengan jarak antara mata.

Dari kilasan sistem perhitungan tersebut, supermodel Bella Hadid dinilai memiliki wajah sempurna. Hasilnya 94,35 persen menurut pengukuran Golden Ratio. Mata, alis, hidung, bibir, dagu, rahang, dan bentuk wajahnya diukur dan mendekati gagasan kesempurnaan orang Yunani kuno.

Riset  ini disusun menggunakan teknik pemetaan yang terkomputerisasi terbaru oleh ahli bedah kosmetik wajah, Dr Julian De Silva, yang memanfaatkan teknologi Golden Ratio dalam karyanya.

Dr De Silva, yang menjalankan Centre for Advanced Facial Cosmetic and Plastic Surgery, di 23 Harley Street, London, Inggris mengatakan, “Bella Hadid adalah pemenang yang jelas ketika semua elemen wajah diukur untuk kesempurnaan fisik.”

Model Bella Hadid berjalan diatas catwalk saat mempergakan koleksi busana musim semi/panas 2020 Alberta Ferretti dalam acara Milan Fashion Week di Milan, 18 September 2019. REUTERS/Alessandro Garofalo

Ia menambahkan, “Ia memiliki nilai keseluruhan tertinggi untuk dagunya dengan skor 99,7%, hanya berjarak 0,3% dari bentuk yang sempurna. Bella juga berada di urutan kedua setelah aktris Scarlett Johansson untuk posisi matanya.”

"Teknik pemetaan komputer baru ini memungkinkan kita untuk memecahkan beberapa misteri apa yang membuat seseorang cantik secara fisik. Selain itu, teknologi ini berguna ketika merencanakan operasi pasien."

Golden Ratio adalah persamaan matematika yang dirancang oleh seniman Yunani dalam upaya untuk mengukur keindahan. Rasio ini dapat diterapkan untuk apa saja dan digunakan oleh Leonardo Da Vinci untuk tubuh laki-laki manusia yang sempurna dalam karyanya yang terkenal, Vitruvian Man.

Selain Bella Hadid, ada pula nama pesohor lainnya. Penyanyi Beyoncé  berada di posisi kedua dengan 92,44%, aktris Amber Heard berada di urutan ketiga dengan 91,85% , bintang pop Ariana Grande di urutan keempat dengan 91,81%. Selanjutnya Taylor Swift, Kate Moss, Scarlett Johansson, Natalie Portman, Katy Perry, dan Cara Delevingne di tempat kesepuluh dengan 89,99%.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."