Cara Memilih Kandungan Produk Skincare sesuai Jenis Kulit Wajah

Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

kecantikan

Cara Memilih Kandungan Produk Skincare sesuai Jenis Kulit Wajah

Selasa, 1 Oktober 2019 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Mirip dengan menemukan pasangan, pekerjaan, atau rumah, menemukan rutinitas kecantikan yang tepat pun bisa menjadi pekerjaan besar. Perawatan kulit selalu menjadi isu utama dalam dunia kecantikan. Sebab kandungan yang ada di dalam produk kecantikan harus sesuai dengan jenis kulit si penggunanya.

Agar kita tidak salah pilih produk kecantikan, Joshua Zeichner dokter kulit asal New York, Amerika Serikat berbagi kiat memilih sesuai jenis kulit di laman Well and Good.

1. Kulit berjerawat

"Benzoil peroksida menurunkan kadar bakteri penyebab jerawat dan selanjutnya mengurangi peradangan pada kulit wajah," kata Dr. Zeichner. “Asam salisilat menghilangkan minyak berlebih dan mengelupaskan sel-sel mati dari permukaan kulit untuk menjaga pori-pori tetap bersih. Belerang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba untuk mengobati berjerawat. "Dan untuk apa nilainya? Dr. Pimple Popper alias Sandra Lee setuju bahwa ketiganya adalah paling terbaik dari yang terbaik untuk menghilangkan jerawat.

2. Kulit kering

Oatmeal koloid, asam hialuronat, dan ceramide merupakan bahan yang sering diunggulkan karena kemampuannya mengatasi kulit kering, terutama karena membantu melembapkan dengan cara yang berbeda. "Oatmeal koloid adalah pelindung kulit dan melindungi permukaan kulit. Sementara kandungan antioksidan — dikenal sebagai avenanthramides — mampu meredakan peradangan,” ucap Dr. Zeichner.

Ceramide seperti pengisi celah di antara ubin sel kulit. Mereka mengisi celah di antara sel-sel di lapisan kulit luar untuk mencegah hilangnya hidrasi dan melindungi kulit dari lingkungan. Asam hialuronat seperti spons yang menarik hidrasi ke lapisan kulit luar. "Gunakan semuanya bersama-sama dan Anda akan merasa lembap dengan cara yang baik.

Ilustrasi wajah bermasalah. Shutterstock

3. Kulit sensitif

Dengan kulit sensitif, Anda harus ekstra hati-hati dengan bahan apa yang Anda gunakan dan dihindari. "Wewangian adalah penyebab umum alergi kulit dan iritasi," tutur Dr. Zeichner. Ia menambahkan bahwa jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda harus menggunakan produk berlabel "bebas pewangi."

Menurut Dr. Zeichner, pembersih wajah terbaik adalah micellar water. "Ini adalah air khusus yang mengandung sedikit tetesan minyak kecil yang mampu menyerap minyak dan juga bisa digunakan di semua jenis kulit, bahkan yang memiliki kulit paling sensitif," ungkap Dr. Zeichner.

Saat memilih tabir surya, pilihlah tabir surya mineral dengan kandungan zinc oxide atau seng oksida, bukan tabir surya kimia. Sebab jenis itu berpotensi menyebabkan iritasi bagi pemilik kulit sensitif.

4. Kulit berminyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, hal utama yang dijaga adalah menghilangkan kotoran dan minyak berlebih — dan ketiga bahan ini akan membantu melakukan hal itu. "Tanah liat dan arang adalah penyerap super untuk membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit," tukas Dr. Zeichner.

"Asam salisilat adalah asam beta hidroksi yang menghilangkan minyak berlebih dan mengelupaskan sel-sel mati dari permukaan kulit."