Batasan Minum Kopi yang Disarankan Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Iustrasi kopi. Unsplash.com/Christiana Rivers

Iustrasi kopi. Unsplash.com/Christiana Rivers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kopi selalu menjadi andalan untuk meningkatkan semangat sebelum melakukan pekerjaan. Waktu meminumnya tergantung kebiasaan setiap orang, ada yang minum di pagi hari, setelah makan siang atau sore hari. 

Kopi tidak hanya terasa luar biasa , tapi juga menawarkan banyak khasiat lainnya. "Kopi adalah salah satu zat yang paling banyak diteliti di planet ini dan telah dikaitkan dengan satu ton manfaat kesehatan," kata ahli diet Scott Keatley, RD, dari Keatley Medical Nutrition Therapy.

Secangkir kopi sebenarnya mengandung sekitar 1,8 gram serat, nutrisi yang membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama dan telah terbukti membantu mengurangi risiko kanker tertentu, kata Keatley.

Selain itu, juga menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan mental. "Kopi meningkatkan banyak fungsi otak yang berbeda, termasuk ingatan, suasana hati, tingkat energi, dan waktu reaksi," kata ahli diet Beth Warren, RDN, penulis Secret of a Kosher Girl.

Berkat beberapa efek ini, kopi dapat membantu Anda lebih berenergi di gym. Kopi berkafein juga telah lama dipelajari karena kemampuannya meningkatkan kinerja, terutama dalam acara ketahanan. Seiring waktu, minum kopi bahkan dapat berkontribusi untuk kesehatan jangka panjang Anda. "Studi telah mengaitkan kopi dengan penurunan risiko penyakit Parkinson, diabetes tipe 2, dan penyakit hati," kata ahli diet Sonya Angelone, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Kopi juga sebenarnya bisa membantu Anda hidup lebih lama. Satu studi 2018 yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine, yang menganalisis data dari 500 ribu orang di Inggris, menghubungkan konsumsi kopi dengan manfaat jangka panjang. Orang yang minum satu cangkir kopi per hari memiliki risiko 8 persen lebih rendah meninggal dini, sementara orang yang minum enam hingga tujuh cangkir kopi memiliki risiko 16 persen lebih rendah.

Baik itu kopi yang diseduh, espresso, single origin atau campuran, Anda mulai menuai manfaat kopi dari cangkir pertama, kata Keatley. Lalu sebaiknya berapa banyak kopi yang dapat diminum tiap hari? Seberapa banyak itu tergantung masalah kafein — dan bervariasi pada setiap orang. “Bagaimanapun, kafein mempengaruhi orang secara berbeda," kata Keatley.

Berbagai merek dan varietas kopi mengemas kafein dalam jumlah berbeda. Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, secangkir kopi biasa delapan ons dapat mengandung 95 hingga 200 miligram kafein. Penyajian kopi tanpa kafein yang sama biasanya berkisar antara dua dan 15 miligram, sementara satu porsi espresso rata-rata sekitar 63 miligram.

FDA merekomendasikan orang dewasa yang sehat membatasi asupan kafein sampai 400 miligram — kira-kira empat atau lima cangkir kopi — per hari. Sementara itu, wanita hamil dan menyusui harus membatasi kafein 200 miligram atau kurang. Jadi, tiga cangkir kopi sehari mungkin terlalu tergantung pada kandungan kafein dalam minuman khusus Anda.

Meski begitu, ada beberapa alasan untuk tetap berada dalam pedoman kafein itu. Dalam jangka pendek, minum terlalu banyak kopi (dan kafein) dapat menyebabkan kegugupan, sakit perut, diare, dan peningkatan detak jantung, kata Jessica Cording, RD, penulis The Little Book of Game Changers. Akibatnya, Anda mungkin merasa mudah tersinggung, gelisah, dan cemas, dan mungkin juga sulit tidur. Kafein bahkan dapat menyebabkan migrain pada beberapa orang, Katley menambahkan.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dapat menutupi tanda-tanda yang dikirimkan tubuh Anda tentang apa yang dibutuhkannya: "Satu masalah dengan minum kopi berkafein adalah membuat Anda merasa waspada dan terjaga ketika tubuh Anda mungkin kelelahan dan lelah, dan sebaliknya perlu istirahat," kata Angelone. . "Tidak sehat mencoba menimpa pesan yang ingin dikirim oleh tubuhmu."

Dalam jangka panjang, secara konsisten minum terlalu banyak kopi bahkan dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah studi The American Journal of Clinical Nutrition yang diterbitkan awal tahun ini, orang yang secara konsisten minum enam cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 22 persen lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan orang yang hanya minum satu atau dua cangkir.

Tidak semua penelitian menunjukkan hasil yang sama! Penelitian yang dipresentasikan pada Konferensi Masyarakat Kardiovaskular Inggris tahun 2019 tidak menemukan korelasi antara minum hingga 25 (!!) cangkir kopi per hari dan risiko lebih besar terkena arteri kaku (yang dapat membuat jantung Anda tegang) atau meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung.

Pada akhirnya, meskipun setiap orang memiliki pengaruh berbeda dari kopi, para ahli merekomendasikan untuk tidak minum kopi sebanyak empat hingga lima cangkir sehari. Dan, seperti semua hal lainnya, dengarkan tubuh Anda: "Penting untuk memantau asupan kafein Anda untuk memastikannya tetap pada level yang ditoleransi oleh pikiran dan tubuh Anda," kata Warren.

Jika Anda memerlukan waktu untuk mengurangi kopi, Cording merekomendasikan untuk mengurangi perlahan. Beberapa cara untuk melakukannya adalah batasi diri  Anda tidak minum kopi setelah jam 2 siang, ganti ukuran gelas, dan masukkan kopi tanpa kafein ke dalam campuran.

Namun, jika Anda beralih minum kopi karena Anda hanya menyukai pengalaman santai menghirup sesuatu yang hangat di siang hari, Cording merekomendasikan untuk mengganti dengan minuman hangat yang berbeda — seperti teh herbal. Tentu saja, jika Anda suka kopi Anda dan tidak memiliki masalah dengan seberapa banyak Anda minum, terus lakukan apa yang Anda lakukan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."