Kenali Penyebab Berat Badan Sulit Turun di Usia Tua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi diet dengan buah. Shuterstock

Ilustrasi diet dengan buah. Shuterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurunkan berat badan saat usia bertambah tua menjadi tantangan tersendiri. Jangankan menurunkan, menjaga berat badan stabil saja rasanya semakin sulit. Padahal itu sudah dibarengi dengan usaha ekstra, misalnya mengurangi porsi makan dan berolahraga lebih banyak. Apa sebabnya? 

Sebuah studi yang dimuat Journal Nature Medicine menemukan jawabannya untuk Anda. Menurut penelitian, seperti dimuat laman Times of India, kondisi itu disebabkan oleh pergantian lipid dalam jaringan lemak berkurang seiring dengan penuaan. Lipid ini berfungsi untuk menyimpan energi. Jadi ketika pergantian lipid berkurang, akan semakin mudah orang menambah berat badan.

Untuk mencapai kesimpulan itu, para ilmuwan mempelajari sel-sel lemak pada 54 perempuan dan pria selama 13 tahun. Dalam periode ini, semua orang terlepas dari apakah mereka kehilangan atau menambah berat badan, menunjukkan penurunan pergantian lipid dalam jaringan lemak.

Orang-orang yang tidak menggantinya dengan makan lebih sedikit kalori menambah rata-rata 20 persen berat badan. Studi ini dilakukan bekerja sama dengan para peneliti di Universitas Uppsala, Swedia dan Universitas Lyon, Prancis.

Para peneliti juga memeriksa pergantian lipid pada 41 perempuan yang menjalani operasi bariatrik untuk melihat bagaimana itu mempengaruhi kemampuan mereka untuk menjaga berat badan setelah operasi. Hanya perempuan yang memiliki tingkat pergantian lipid rendah sebelum operasi berhasil meningkatkan pergantian lipid mereka dan mempertahankan penurunan berat badan mereka.

Hasilnya menunjukkan bahwa proses yang terjadi di jaringan lemak kita mengatur perubahan berat badan selama penuaan, dengan cara yang tidak tergantung pada faktor-faktor lain.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk mempercepat pergantian lipid di jaringan lemak adalah berolahraga lebih banyak. Operasi penurunan berat badan juga akan lebih maksimal hasilnya jika dikombinasikan dengan peningkatan aktivitas fisik.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."