Kulit Wajah Berminyak? Coba Rombak Rutinitas Kecantikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wajah berminyak. (Healthline)

Ilustrasi wajah berminyak. (Healthline)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit wajah berminyak terjadi karena produksi minyak atau sebum yang berlebih. Dipicu pula oleh sejumlah sumbatan di pori-pori wajah. Kondisi kulit wajah berminyak kian parah bila ditambah keringat dari olahraga ataupun terik matahari.

Untuk mengurangi minyak berlebihan di wajah Anda bisa dimulai dari memperhatikan detail rutinitas kecantikan Anda. Produk perawatan kulit hingga makeup ditelaah mana yang baik dan tidak untuk kulit wajah berminyak. Atau membatasi beberapa rutinitas perawatan yang ternyata bagi kulit wajah berminyak itu berlebihan.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda untuk mengurangi minyak berlebih di wajah: 

1. Cuci wajah setidaknya dua kali sehari

Cara menghilangkan minyak di wajah yang paling sederhana adalah dengan mencuci wajah, setidaknya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Sabun cuci wajah berbahan busa (foaming cleanser) lebih efektif untuk menghilangkan minyak di wajah, dibandingkan dengan yang berbahan krim.

2. Pilih pembersih yang tepat

Untuk kulit berminyak, gunakan pembersih wajah yang berbahan ringan dan lembut. Jangan gunakan sabun cuci muka yang kasar, karena akan memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Anda juga bisa memilih pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, atau asam beta hidroksi.

3. Gunakan astringent

Astringent merupakan salah satu produk yang dapat membantu mengatasi wajah berminyak. Astringent sebenarnya hampir sama dengan toner, namun produk ini dibuat khusus untuk kulit berminyak. Oleskan astringent setelah cuci wajah, tapi sebelum Anda menggunakan pelembap atau obat jerawat.

4. Batasi penggunaan produk yang mengandung scrub

Menggunakan produk berbahan scrub secara berlebihan, justru akan membuat produksi minyak di wajah meningkat dan membuat kulit menjadi iritasi. Pasalnya, jika Anda menggunakan scrub terlalu sering, kulit akan lebih kering, dan memicu kelenjar-kelenjar di bawahnya untuk memproduksi lebih banyak minyak agar kulit tetap lembap.

5. Pakai face paper atau kertas minyak

Memakai face paper merupakan cara menghilangkan minyak di wajah yang praktis. Produk ini dapat menghilangkan minyak berlebih di wajah, tanpa membuat kulit menjadi kering.

Untuk menggunakannya, jangan sapukan atau menggosok kertas ini di seluruh wajah. Cara tepat dalam penggunaannya adalah dengan menempelkannya di area-area yang paling sering berminyak seperti hidung, dagu, atau dahi.

Ilustrasi perempuan sedang memilih berbagai jenis tabir surya. shutterstock.com

6. Tetap pakai sunscreen

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, gunakan sunscreen dengan bahan gel. Sebab sunscreen berbahan seperti losion atau krim, cenderung akan membuat kulit lebih berminyak.

7. Suntik botox

Botox atau botolinum toxin merupakan salah satu cara menghilangkan minyak di wajah yang efektif. Namun, prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter. Jangan lakukan prosedur ini secara sembarangan, karena berisiko menimbulkan berbagai komplikasi.

8. Perawatan laser

Metode lain yang dapat Anda coba untuk mengurangi kulit berminyak adalah dengan menjalani perawatan laser. Prosedur ini perlu dilakukan beberapa kali, agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

9. Terapi fotodinamik

Sama seperti laser, terapi fotodinamik perlu dilakukan beberapa kali sebelum hasilnya benar-benar terlihat, dalam mengurangi kadar minyak pada wajah.

Terapi ini bekerja dengan menghancurkan sel-sel minyak, dan kemudian membuat kelenjar minyak di bawah kulit semakin mengecil. Hasilnya, produksi minyak di wajah pun akan berkurang.

10. Konsumsi pil kontrasepsi

Pil kontrasepsi juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan minyak di wajah, karena dapat mengurangi produksi hormon androgen yang memicu produksi minyak di kulit wajah. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit, untuk mengetahui cara menghilangkan minyak di wajah yang paling tepat, sesuai kondisi Anda. Jika ingin membeli produk yang dijual bebas, pastikan keamanannya, dengan mengecek izin edar serta kandungan yang terdapat di dalamnya.

SEHATQ 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."