Tips Memilih Toner Sesuai Tipe Kulit Wajah

Reporter: Non Koresponden
Editor: Silvy Riana Putri
Kamis, 29 Agustus 2019 07:17 WIB
Tips Memilih Toner Sesuai Tipe Kulit Wajah

CANTIKA.COM, Jakarta - Penggunaan toner untuk rutinitas perawatan kulit wajah kerap menemui perbedaan. Sebab sejumlah ahli kecantikan menganggap toner tidak terlalu penting, namun tak sedikit pula yang memetik manfaatnya.

Secara historis, toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit Anda setelah mencuci muka. Skala pH berkisar dari 0 (asam) hingga 14 (basa). Dahulu, sabun pembersih wajah menghilangkan kotoran di muka dengan cara mempengaruhi pH alami kulit, sehingga pH kulit wajah turun. Di saat itulah toner berperan untuk menyeimbangkan kembali pH kulit wajah.

Namun, saat ini, pembersih wajah telah berkembang, terutama dari segi bahannya yang semakin tidak merusak kulit. Toner saat ini dibuat dari berbagai macam bahan seperti vitamin E, C, antioksidan, dan retinoid. "Oleh karena itu, toner telah masuk ke dalam langkah pascapembersihan tambahan," kata dr. Loretta Ciraldo, MD.

Melansir laman Well and Good, untuk memaksimalkan hasil yang diberikan oleh toner, berikut ini rekomendasi toner yang cocok untuk masing-masing tipe kulit.

1. Untuk kulit berminyak

Toner berbahan asam tampaknya telah laris di pasaran. Sebab setelah membersihkan wajah, toner berbahan asam dapat membantu proses eksfoliasi secara kimia pada kulit. Dengan begitu segala kotoran dan sel kulit mati yang menggantung di permukaan kulit Anda akan ikut terangkat.

"Orang dengan kulit berminyak akan sering menggunakan toner eksfoliasi," ucap Dr. Ciraldo. "Jika Anda cenderung berjerawat, cari bahan salisilat dan atau glikolat di dalam toner Anda."

2. Untuk kulit kering

Toner selalu mendapat reputasi yang buruk dan menjadi musuh kulit wajah kering. Sebabnya kebanyakan toner berbahan dasar alkohol yang cenderung membuat kulit menjadi semakin kering. Oleh karena itu, orang dengan kulit wajah kering bisa memilih toner dengan pelembap.

"Jika Anda memiliki kulit kering, cari toner berbahan peptida yang melembapkan, ekstrak laut, dan ganggang," ungkap Dr. Ciraldo.

3. Untuk kulit sensitif

Jangan khawatir, orang bertipe kulit sensitif sekalipun bisa menggunakan toner. "Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, jerawat rosacea, atau terlalu kering, rekomendasi saya adalah untuk menghindari toner berbasis asam," tutur Dr. Ciraldo. Oleh karena itu, pilihlah toner yang khusus kulit wajah sensitif.

GALUH PUTRI RIYANTO