Ternyata Tabir Surya Itu Ada Sunblock dan Sunscreen. Apa Bedanya?

Ilustrasi perempuan sedang memilih berbagai jenis tabir surya. shutterstock.com

kecantikan

Ternyata Tabir Surya Itu Ada Sunblock dan Sunscreen. Apa Bedanya?

Rabu, 7 Agustus 2019 06:30 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemakaian tabir surya salah satu rutinitas perawatan kecantikan sebelum memakai kosmetik, seperti pelembap ataupun foundation. Beragam manfaat tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, mencegah kulit kusam, sampai menangkis risiko kanker kulit.

Tapi tahukah Anda bahwa tabir surya tidak hanya ada sunblock, tetapi juga ada sunscreen. Apa perbedaan dari keduanya?

Umumnya, Anda akan langsung meraih sunblock yang dipercaya mampu menghalau dampak negatif dari cahaya matahari. Tidak hanya sunblocksunscreen adalah salah satu jenis tabir surya atau pelindung matahari yang bisa dioleskan pada kulit.

Keduanya memiliki manfaat atau kegunaan yang sama, hanya saja memiliki komposisi dan cara kerja yang berbeda.

Sunblock biasanya terbuat dari bahan zinc oxide atau titanium oxide yang dapat menahan sinar ultraviolet matahari dengan cara memantulkan kembali cahaya matahari. Konsistensi sunblock lebih kental, sehingga sulit untuk dioleskan secara merata di kulit.

Dari segi penampilan, sunblock tidak terlihat bagus karena memiliki warna yang buram dan tidak merata di kulit.

Sementara itu, tabir surya jenis sunscreen terbentuk dari kandungan oxybenzonepara-aminobenzoic acid (PABA), dan avobenzone. Kandungan-kandungan tersebut melindungi kulit dari pancaran sinar matahari dengan menyerap sinar UV sebelum masuk ke kulit.

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap kandungan PABA atau oxybenzone dalam tabir surya jenis sunscreen dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan tabir surya jenis sunblock

Selain itu, terkadang dalam sunscreen ditambahkan minyak, pengharum, ataupun antiserangga. Oleh karenanya, Anda perlu memeriksa kandungan bahan sunscreen yang bisa menimbulkan alergi atau iritasi pada kulit Anda. 

Apabila Anda memutuskan untuk membeli tabir surya jenis sunscreen, hindari sunscreen yang diberikan tambahan kandungan antiserangga, karena sunscreen perlu dioleskan secara berulang, sedangkan antiserangga hanya boleh dioleskan sesekali saja pada kulit.

Perhatikan ciri-ciri di atas agar Anda tidak salah memilih produk tabir surya.

SEHATQ