4 Cara Mengencangkan Kulit Kendur Usai Menurunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi lemak di tangan. Newser.com

Ilustrasi lemak di tangan. Newser.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda kehilangan banyak berat badan atau hanya beberapa kilogram, namun kulit di beberapa area tubuh terlihat bergelambir? Biasanya di lengan, perut, atau paha. Beberapa orang mungkin memilih operasi untuk mengencangkan kulit kendur. Namun, ada beberapa metode baru yang disetujui secara medis yang aman dan efektif untuk beberapa pasien.

Meski begitu, tidak setiap pasien menjadi kandidat untuk prosedur pengencangan kulit non-bedah. Dalam beberapa kasus, prosedur pengencangan kulit dengan bedah paling berhasil. Bruce Katz, Profesor Klinik Dermatologi di Fakultas Kedokteran Mount Sinai, Direktur Klinik Bedah Kosmetik & Laser di Pusat Medis Mount Sinai, dan Direktur Pusat Kulit & Laser Juva di New York, Amerika Serikat memberikan beberapa kiat untuk memilih prosedur pengencangan kulit.

"Secara umum, kandidat yang baik untuk metode non-bedah adalah pasien yang memiliki kulit yang tidak terjumbai atau berlebihan,” katanya, seperti dilansir dari laman Very Well Fit. Dia menjelaskan bahwa kulit terjumbai adalah kulit longgar yang terlipat dengan sendirinya. Pasien yang memiliki lipatan kulit merupakan kandidat yang pas untuk operasi. Tetapi dia menekankan bahwa pemeriksaan penuh oleh dokter bersertifikat adalah cara terbaik untuk menentukan metode mana yang terbaik.

Katz juga mengatakan bahwa pasien yang memiliki kulit sehat cenderung mendapatkan hasil terbaik. "Kulit yang rusak akibat sinar matahari, misalnya, lebih sulit untuk dikerjakan. Tetapi kulit yang dalam kondisi baik merespons pengobatan dengan lebih baik,” ujarnya.

Cara Mengencangkan Kulit Tanpa Operasi

Jika kulit kendur Anda dapat dirawat tanpa operasi, ada beberapa pilihan non-invasif atau minimal invasif untuk dipilih.

#1. vShape
Perawatan populer ini bersifat non-invasif, tidak menyakitkan dan tidak memerlukan waktu henti setelah prosedur. Selama perawatan, dua frekuensi radio yang berbeda diterapkan pada kulit untuk mengencangkan lapisan atas dan lapisan kulit yang lebih dalam. Sebagian besar pasien memerlukan 4 hingga 5 perawatan dan hasilnya umumnya berlangsung 2 hingga 3 tahun. vShape dapat dilakukan di area tubuh mana saja untuk mengencangkan kulit yang kendur.

#2. ThermiTight
Prosedur invasif minimal ini juga menggunakan frekuensi radio, tetapi hasilnya permanen. Selama prosedur ThermiTight, anestesi lokal diterapkan pada area di mana Anda ingin mengencangkan kulit yang kendur. Kemudian sebuah probe kecil dimasukkan di bawah kulit untuk memberikan energi frekuensi radio dan merangsang produksi kolagen baru. ThermiTight dapat digunakan untuk merawat kulit kendur di leher, rahang, lengan atas, perut atau paha.

#3. VelaShape
VelaShape sangat mirip dengan vShape tetapi menggunakan teknologi yang sedikit berbeda. Perawatan tidak invasif dan tidak menyakitkan. Selama prosedur, mesin VelaShape menggabungkan empat teknologi berbeda - inframerah, frekuensi radio dua kutub, vakum berdenyut, dan rol pijat untuk merawat paha, bokong, dan perut.

Pasien umumnya melihat pengetatan kulit dan pengurangan selulit secara bertahap. Sebagian besar pasien memerlukan 4 perawatan untuk melihat hasilnya.

#4. EMSCULPT
EMSCULPT adalah perawatan non-invasif yang membangun otot di perut atau bokong tanpa olahraga. Walaupun perawatan tidak selalu mengubah kulit, perawatan ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot dan bentuk otot di bawah kulit untuk membuat tubuh Anda terlihat lebih kencang. Setiap prosedur berlangsung sekitar 30 menit. Anda membutuhkan minimal empat sesi, yang dijadwalkan 2-3 hari terpisah. Hasilnya permanen, tetapi perawatan pemeliharaan diperlukan.

Katz memperingatkan bahwa pasien harus mau berkomitmen untuk diet sehat dan program olahraga untuk menjaga kulit mereka lebih kencang setelah perawatan. Dia mengatakan bahwa pasien harus mempertahankan berat badan yang konsisten untuk menjaga kulit dari peregangan lagi.

Sayangnya, data menunjukkan bahwa kenaikan berat badan setelah penurunan berat badan kemungkinan terjadi. Bahkan sedikit kenaikan berat badan bisa mengubah penampilan kulit Anda. Jika berat badan Anda turun belum lama ini, Anda mungkin perlu menunggu hingga satu tahun untuk melihat apakah Anda mendapatkan kembali sebagian atau seluruh berat badan Anda sebelum melakukan prosedur pengencangan kulit.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."