Bermain Hula Hoop Bisa Turunkan Berat Badan dan 3 Manfaat Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Seorang peserta wanita berakhi dengan hula hoop dalam Festival Hula Hoop Hoopurbia 2014 di Berlin, Jerman, 29 Juni, 2014. Festival ini menyatukan sejumlah pecinta permainan hula hoop dari seluruh dunia untuk tampil bersama. (AP Photo)

Seorang peserta wanita berakhi dengan hula hoop dalam Festival Hula Hoop Hoopurbia 2014 di Berlin, Jerman, 29 Juni, 2014. Festival ini menyatukan sejumlah pecinta permainan hula hoop dari seluruh dunia untuk tampil bersama. (AP Photo)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di akhir pekan esok hari, luangkanlah waktu untuk bermain hula hoop yang punya segudang manfaat, termasuk turunkan berat badan. Permainan hula hoop tentu sudah tak asing lagi bagi Anda. Dalam hal ini, Anda cukup memutarkan tubuh agar lingkaran berbahan plastik atau bambu di daerah perut tidak jatuh. Melansir dari laman Style Craze dan Times of India, berikut adalah empat di antaranya.

1. Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, bermain hula hoop tampaknya harus masuk dalam daftar aktivitas. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Council, latihan hula hoop dengan intensitas rata-rata dapat membantu membakar 400 kalori per jam.

Selain itu, hula hoop juga dapat membantu mengencangkan otot-otot di sekitar perut. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, disarankan agar melakukannya setiap 10 menit sehari.

2. Meningkatkan fleksibilitas
Bekerja dari jam sembilan pagi hingga lima sore tentu sangat melelahkan. Terlebih dengan aktivitas kantor yang sering kali membuat Anda harus duduk seharian penuh. Cobalah bermain hula hoop sebab memperkuat punggung dan melepas ketegangan otot Anda. Selain itu, hula hoop juga akan meningkatkan aliran darah ke tulang belakang dan meningkatkan fleksibilitas tulang belakang.

3. Melatih koordinasi
Jika Anda memiliki anak atau saudara yang mengalami keterlambatan dari segi kognitif, latihan hula hoop mungkin bisa menjadi jawabannya. Sebab, hula hoop adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan koordinasi antara tangan dan mata. Tidak hanya menantang otot untuk tetap bergerak, tetapi juga otak Anda. Sehingga, memutar lingkaran ke berbagai arah dapat membantu mempercepat keberhasilan dari masalah yang ada.

4. Relaksasi dan menenangkan pikiran
Memutar hula hoop adalah kegiatan yang sangat baik untuk menenangkan pikiran. Kegiatan ini lebih merupakan latihan berirama saat Anda terbiasa, pikiran pun secara alami akan menaruh banyak perhatian ke dalamnya. Terlebih dengan pengulangan gerakan yang dapat memberikan rasa tenang kepada pikiran Anda.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."