Ratna Galih Melahirkan Bayi Kembar, Ini Tips Pengasuhannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ratna Galih menggendong bayi kembarnya Shaldy Ararya Sawkani, dan Shelma Aisyah Sawkani. Instagram/@ratnagalih

Ratna Galih menggendong bayi kembarnya Shaldy Ararya Sawkani, dan Shelma Aisyah Sawkani. Instagram/@ratnagalih

IKLAN


#3. Bantuan orang terdekat
Ingat, Anda bukan pahlawan super. Teman dan keluarga Anda mungkin khawatir akan mengganggu dan tidak menawarkan bantuan. Namun, itu tidak berarti mereka tidak akan mau turun tangan begitu Anda meminta bantuan. Belajarlah untuk mendelegasikan beberapa tugas kepada pembantu.

Mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk melakukan tugas-tugas  khusus untuk Anda, misalnya memasak makan malam, memilah cucian, atau mampir ke toko. Anda dapat mengelola sendiri selama beberapa minggu, tetapi jangan malu untuk meminta bantuan begitu kurang tidur.

#4. Berpakaian yang nyaman
Setelah memiliki anak kembar, Anda tidak akan dapat melakukan segalanya - atau bahkan apa pun di minggu-minggu awal! Siapkan piyama atau daster yag nyaman untuk Anda menyusui dan mengurus anak-anak.

#5. Tidur
Jika Anda cukup beruntung untuk membuat bayi Anda tidur pada saat yang sama, maka gunakan kesempatan untuk istirahat. Pekerjaan rumah bisa menunggu. Tetapi mereka akan melihat orangtua yang lelah, tertekan, dan mudah marah, jika Anda kurang tidur.

#6. Keluar bersama bayi kembar
Ini bisa memakan waktu lebih lama dari yang Anda pikirkan untuk bersiap-siap, tetapi ada baiknya mencoba keluar setiap hari. Bahkan berjalan singkat di udara segar akan membuat Anda semua baik. Pakaikan selimut saat membawa mereka dengan stroller. Bawa tas perlengkapan bayi berisi popok, lap, camilan, dan pakaian ganti untuk setiap bayi.

Cari tahu apakah ada grup lokal di daerah Anda khusus untuk keluarga dengan anak kembar. Anda akan bertemu ibu dan ayah yang mengerti persis seperti apa itu, dan mungkin dapat bertukar saran, tips pengasuhan, dan tempat informasi mencari perlengkapan untuk bayi kembar Anda.

#7. Ingatkan diri Anda bahwa bayi kembar Anda sangat berharga
Mengamati bayi kembar Anda yang baru lahir saat mereka tidur sungguh menakjubkan. Melihat mereka terikat ketika mereka tumbuh itu ajaib. Mereka akan belajar bersama, bermain bersama, dan tertawa bersama. Ini kerja keras, tapi ini sangat berharga. Bayi kembar mungkin juga lebih mandiri karena mereka terbiasa harus menunggu sesuatu dan berbagi perhatian.

Baca juga: Cara Beyonce Menurunkan Berat Badan Usai Melahirkan Anak Kembar

#8. Beri waktu
Beberapa bulan pertama adalah yang paling sulit. Anda mungkin lebih lelah daripada yang pernah Anda bayangkan. Tetapi yakinlah bahwa hal itu semakin mudah seiring waktu.  Sangat penting untuk menghargai tahun-tahun awal yang indah ini.

#9. Pikirkan tentang dirimu sendiri
Terjebak dalam rutinitas sangat mudah untuk menjadi sangat lelah sehingga Anda merasa semakin tenggelam. Bahkan hal terkecil menjadi luar biasa ketika Anda lelah dan stres. Cobalah untuk bernegosiasi beberapa waktu dengan pasangan Anda. Anda berdua menyesuaikan diri dengan perubahan pada keluarga Anda, dan penting untuk diingat bahwa Anda bukan hanya orang tua.

Kebanyakan ibu menderita baby blues beberapa hari setelah kelahiran bayi mereka. Ini akan hilang dengan sendirinya, dengan istirahat dan bantuan dari keluarga serta orang terdekat.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."