Tips Membentuk Ikatan Batin Orang Tua dan Anak Sesuai Usianya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi anak bicara pada orang tua. shutterstock.com

Ilustrasi anak bicara pada orang tua. shutterstock.com

IKLAN

#2. TK Hingga Kelas 3 SD: Bermain dan Membaca Buku Bersama
Begitu anak-anak mulai sekolah, mereka mengembangkan fungsi kognitif yang lebih besar dan lebih banyak kemampuan fisik yang bisa dilakukan. Bangunlah ikatan dengan mereka lewat aktivitas yang memungkinkan mereka menunjukkan penguasaan keterampilan baru, seperti memanggang, bermain sepeda, berlari di taman dan, tentu saja, membaca.

Lauren Mosback, terapis dan konselor psikologi berlisensi anak dan dewasa asal Pennsylvania, Amerika Serikat, menekankan pentingnya membacakan buku untuk anak yang mengandung nilai-nilai kebaikan, persahabatan, kepercayaan diri, keluarga, dan mengidentifikasi serta mengeskpresikan perasaan. “Hal ini akan membantu anak mengembangkan dan memahami hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekelilingnya dan menciptakan ikatan batin orang tua dan anak yang sehat pula,” jelas Lauren Mosback.

#4. Kelas 4-5 SD
Pada usia ini, anak-anak mulai mengembangkan rasa kemandirian dan otonomi yang lebih besar. Mereka mulai bereksperimen dengan hobi baru, seperti pelajaran musik atau olahraga, dan orang tua harus mengikuti jejak mereka. Munculkan permainan atau ajak anak Anda ke acara-acara sesuai minat mereka, seperti konser musik atau pertandingan olah raga, atau apapun yang sesuai dengan kegemaran mereka.

Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk mulai membiasakan percakapan-percakapan yang sulit untuk mengantisipasi tahun-tahun praremaja dan remaja. "Karena masa SMP dan usia dewasa awal sudah di depan mata, ada baiknya untuk mulai mempersiapkan masa-masa ini melalui obrolan-obrolan mengenai tentang yang sudah menunggu Anda," kata Forrest Talley. Obrolan ini termasuk juga topik-topik seputar remaja seperti soal pertemanan, ketertarikan terhadap lawan jenis, hingga pendidikan seksual dasar.

Selanjutnya anak SMP dan SMA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."