Cara Aktivis Perludem Titi Anggraini Mendekatkan Diri dengan Anak

Reporter: Non Koresponden
Editor: Yunia Pratiwi
Kamis, 11 April 2019 10:30 WIB
Cara Aktivis Perludem Titi Anggraini Mendekatkan Diri dengan Anak

CANTIKA.COM, Jakarta - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi atau Perludem, Titi Anggraini kini tengah ikut sibuk mengawas dan mengawal pilpres dan pileg yang akan segera digelar 17 April 2019 mendatang.

Baca juga: Mana Lebih Bahagia dan Sehat, Ibu Bekerja atau Ibu Rumah Tangga

Sebagai pekerja, aktivis dan pengamat pemilu dan demokrasi, Titi tentu perlu membagi tugas mulia itu dengan perannya yang tak kalah penting sebagai seorang istri dan ibu dari Faris Naufal Masudi yang berusia 11 tahun. 

“Kendala terbesar adalah jarak rumah dan tempat bekerja jauh. Itu jadi penghambat karena waktu di jalan jadi terbuang. Tapi mau tidak mau harus berdamai dengan keadaan. Anak saya sudah terbiasa saya bekerja, jadi dia tidak banyak tuntutan,” ujar Titi kepada Tempo pada Senin, 8 April 2019. 

Menurut Titi Anggraini hal yang paling penting dalam hubungan antara ibu dan anak adalah komunikasi. “Itu yang membuat dia tau apa yang kita kerjakan, bahwa kita pergi dari rumah untuk tujuan yang jelas, dan menghasilkan sesuatu yang memberi manfaat," ujarnya. 

Dalam proses komunikasi yang dibangun oleh Titi Anggraini dan sang anak, ia juga menjelaskan seperti apa aktivitasnya, di mana tempat ia bekerja, jenis pekerjaan apa yang digeluti, dan bagaimana ilmu yang didapat ketika sekolah dapat diimplementasikan dalam pekerjaannya. "Meski anak masih kecil, tapi penting untuk selalu diberitahu secara terbuka ibunya mau kemana, melakukan apa, berapa lama, itu membantu dia memahami apa yang kita kerjakan,” lanjutnya.

Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya adalah pembagian peran dan kerja sama antara sang suami. “Kerja sama yang akan membantu kami untuk saling membagi peran. Kesalahpahaman kadang terjadi, misalnya lupa memberi tahu anak. Tapi, dengan mengambil inisiatif yang cepat untuk memperbaiki kesalahpahaman itu, ternyata cukup membantu menjaga kondusifitas keluarga,” ujar Titi Anggraini. 

HALIDA BUNGA FISANDRA