Selain Makanan, Ketahui Faktor Lain Pemicu Stunting

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
ilustrasi anak makan (pixabay.com)

ilustrasi anak makan (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan ternyata bukan satu-satunya faktor pemicu stunting. Menurut spesialis gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK ada beberapa faktor lain pemicu stunting.

Baca juga: Hindari Stunting, Jangan Batasi Asupan Lemak Anak

Seperti aktivitas anak yang terlalu banyak tanpa diimbangi naiknya nafsu makan, infeksi kronis yang terus berulang khususnya tuberkulosis, gangguan saluran pencernaan, kelainan anatomi sejak lahir, akses makanan yang terbatas (karena orang tua tidak mampu), serta ibu yang terjebak mitos seputar makanan.

“Yang juga sering terjadi, alergi serta intoleransi yang menyebabkan orang tua tidak berani mengeksplorasi makanan buat si kecil. Deretan faktor ini membuat daya tahan tubuh anak menurun dan mudah terjangkit penyakit. Perlahan kecerdasan menurun, sehingga si kecil kurang berprestasi di sekolah nantinya,” ujarnya.

Anak berusia 1 tahun sebaiknya mulai diperkenalkan kepada makanan keluarga. Ajak anak makan bersama sekaligus belajar tentang etiket di meja makan. Selama makan, rangsanglah anak dengan komunikasi sederhana. Perlahan, ikatan batin dua generasi menguat dan si kecil menjadi anak yang berani menyampaikan pendapat.

Nurul menegaskan, anak kecil tidak butuh diet karbo, gula, apalagi memantang lemak.  “Lemak justru sangat penting karena mengandung DHA dan asam arakidonat. Asam ini berfungsi membentuk saraf-saraf otak. Mineral juga tidak kalah penting. Mineral yang paling penting, zat besi. Begini, makanan otak adalah oksigen dan glukosa. Oksigen bisa sampai di otak karena peran zat besi. Ia tidak bisa bekerja sendiri, butuh bantuan seng, selenium, dan protein. Jadi jangan pilih-pilih makanan untuk anak kecuali ia alergi,” tandas Nurul.

AURA

Artikel lain: 

Cegah Stunting, Awasi Asupan Gizi Anak Sejak dalam Kandungan
Cara Mencegah Stunting dengan Pola Makan dan Asupan Gizi

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."