Hindari Stunting, Jangan Batasi Asupan Lemak Anak

Ilustrasi anak makan bersama keluarga. medaviesmallsteps.com

kesehatan

Hindari Stunting, Jangan Batasi Asupan Lemak Anak

Kamis, 4 April 2019 08:48 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Spesialis gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK., mengingatkan makanan bukan satu-satunya faktor pemicu stunting.

Faktor-faktor lain, macam aktivitas si kecil yang terlalu banyak tanpa diimbangi naiknya nafsu makan, infeksi kronis yang terus berulang, khususnya tuberkulosis, gangguan saluran pencernaan, kelainan anatomi sejak lahir, akses makanan yang terbatas karena orang tua tidak mampu, serta ibu yang terjebak mitos seputar makanan juga termasuk.

“Yang juga sering terjadi alergi serta intoleransi yang menyebabkan orang tua tidak berani mengeksplorasi makanan buat si kecil. Deretan faktor ini membuat daya tahan tubuh anak menurun dan mudah terjangkit penyakit. Perlahan kecerdasan menurun sehingga si kecil kurang berprestasi di sekolah nantinya,” jelas Nurul.

Artikel lain:Cara Mencegah Stunting dengan Pola Makan dan Asupan GiziApa Itu Stunting dan Cara Terbaik Menangani Balita Stunting

Anak berusia 1 tahun sebaiknya mulai diperkenalkan kepada makanan keluarga. Ajak si kecil makan bersama sekaligus belajar tentang etiket di meja makan. Selama makan, rangsanglah anak dengan komunikasi sederhana.

Perlahan, ikatan batin dua generasi menguat dan si kecil menjadi anak yang berani menyampaikan pendapat. Nurul menegaskan anak kecil tidak butuh diet karbohidrat, gula, apalagi memantang lemak. 

“Lemak justru sangat penting karena mengandung DHA dan asam arakidonat. Asam ini berfungsi membentuk saraf-saraf otak. Mineral juga tidak kalah penting. Mineral yang paling penting zat besi,” jelas Nurul.

“Makanan otak adalah oksigen dan glukosa. Oksigen bisa sampai di otak karena peran zat besi. Ia tidak bisa bekerja sendiri, butuh bantuan seng, selenium, dan protein. Jadi jangan pilih-pilih makanan untuk anak kecuali ia alergi,” tambahnya.

AURA