Andien Mendidik Putranya Lewat Lagu

Penyanyi Andien dan anaknya Kawa, tampil dalam Pesta Pendidikan oleh jaringan Semua Murid Semua Guru di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 2 Mei 2018. Dalam Pesta Pendidikan tersebut meluncurkan gerakan kirim Budi dan peluncuran lagu Semua Murid Semua Guru. TEMPO/Nurdiansah

keluarga

Andien Mendidik Putranya Lewat Lagu

Selasa, 2 April 2019 09:51 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua punya cara khusus dalam mendidik anaknya. Termasuk Penyanyi Andien Aisyah  yang selalu mengajari anaknya Anaku Askara Biru, melalui lagu, mulai bangun pagi, mandi, hingga makan.

Baca juga: Senangnya Andien Anaknya Sudah Hobi Main Drum

Menurut Andien, hal itu sangat bermanfaat dan memudahkannya dalam menyampaikan pesan kepada anak. Setidaknya ia dapat menyuruh anak tanpa harus adanya unsur memaksa. 

"Membiasakan (mengajari sesuatu pakai lagu) jadi membangun habit-habit, dikaitkan dengan musik. Kayak bangun pagi, mandi, makan. Sebenarnya ini memudahkan aku juga menyampaikan pesan tanpa memaksa," ungkap Andien di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Senin 1 April 2019.

Andien mengatakan setiap kegiatan yang dilakukan bersama putranya selalu memiliki nyanyian khusus. "Semua ada nyanyiannya sendiri. Kayak mau mandi, setelah makan, nyiram pohon-pohon, jadi ada lagunya," lanjut wanita berusia 33 tahun ini.

Bagi Andien menyampaikan sesuatu dengan nyanyian bisa lebih bisa diterima oleh anak. Apalagi ia juga banyak membaca literasi dan tertarik tentang edukasi yang melibatkan musik untuk anak-anak di usia dini. 

"Musik itu media untuk mnyampaikan banyak hal baik. Aku juga banyak baca literasi dan tertarik tentang edukasi yang libatkan musik untuk anak-anak usia dini, mereka kan attach sama musik. Kalau kita nyanyi juga ada emosi yang tersampaikan, beda sama kalau kita ngomong," pungkas Andien.

AURA