Kiat Andien Menjaga Kesehatan Jiwa dan Raga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Penampilan penyanyi Andien di panggung Jazz Gunung Ijen yang diadakan di amfiteater Taman Gandrung Terakota di Jiwa Jawa Resort, Banyuwangi. (banyuwangikab.go.id)

Penampilan penyanyi Andien di panggung Jazz Gunung Ijen yang diadakan di amfiteater Taman Gandrung Terakota di Jiwa Jawa Resort, Banyuwangi. (banyuwangikab.go.id)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buat penyanyi Andien Aisyah, kondisi bugar tak cuma diukur dari badan langsing atau tubuh berotot, tetapi juga batin yang sehat.

"Manusia diciptakan secara penuh, fisik, mental, jiwa, dan raga," kata Andien, salah satu pendiri 20Fit - micro-gym pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Electro Muscle Stimulation (EMS.

Artikel lain:

Andien Biarkan Kawa Nyeker di Arena Bermain, Langgar Aturan ?

Baik kesehatan mental maupun fisik sama-sama penting dan saling menunjang, ujar ibu satu anak itu. "Ketika ada yang tidak seimbang, berarti tidak sehat secara holistik," jelasnya.

Andien menjaga kesehatan batin dengan bermeditasi dan memberikan asupan positif pada diri sendiri setiap hari. Ia mengaku tak punya jadwal yang pasti, namun pada waktu tertentu dia bisa merasakan "alarm" pada diri sendiri di mana secara otomatis dia tahu seberapa lama dan bagaimana caranya harus bermeditasi.

Penyanyi Andien dan anaknya Kawa. TEMPO/Nurdiansah

Selain kesehatan jiwa, Andien juga berusaha menyempatkan waktu berolahraga secara rutin di tengah kesibukannya jadi ibu.

"Habit olahraga sangat berubah dibanding sebelum menikah," ujar Andien, yang meluangkan waktu olahraga setidaknya 2-3 kali tiap pekan.

Olahraga dengan Electro Muscle Stimulation (EMS) dalam 20Fit masih jadi prioritas. Hingga saat ini, dia mengatakan 20Fit masih lebih populer di kalangan perempuan karena waktunya lebih singkat.

"Waktu 20 menit setara dengan dua jam di gym (konvensional). Prosesnya cepat dan yang paling tertarik perempuan," ujarnya.

Baca juga:
Pesan Andien buat Anak Muda yang Mau Buka Usaha

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."