Emilia Clarke 2 Kali Operasi Otak saat Syuting Game of Thrones

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Emilia Clarke menghadiri premier season keenam serial

Emilia Clarke menghadiri premier season keenam serial "Game Of Thrones" di TCL Chinese Theatre, Los Angeles, 10 April 2016. REUTERS/Phil McCarten

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Emilia Clarke menceritakan operasi otak yang dijalani untuk menyelamatkan nyawanya selama delapan tahun terakhir melalui sebuah esai di Tne New Yorker, Kamis, 21 Maret 2019. Dalam esai tersebut, Clarke mengatakan masalah kesehatannya mulai bermasalah pada Februari 2011, tak lama setelah menyelesaikan syuting Game of Thrones musim pertama. 

Saat itu, aktris berusia 32 tahun ini merasakan sakit kepala yang sangat parah ketika sedang berolahraga dengan pelatihnya di London. “Saya merasa seolah-olah pita elastis meremas otak saya,” tulisnya. "Aku mencoba mengabaikan rasa sakit tetapi aku tidak bisa. Aku memberi tahu pelatih, bahwa aku harus istirahat. Entah bagaimana, hampir merangkak, aku berhasil ke ruang ganti. Sampai di toilet, aku berlutut, dan sakit parah, parah sekali. Pada tingkat tertentu, aku tahu apa yang terjadi: otakku rusak. "

Setelah seorang wanita datang ke kamar mandi untuk membantunya, dia dibawa ke rumah sakit dan menjalani MRI. Dari hasil pemeriksaan, Emilia Clarke diketahui menderita pendarahan subarakhnoid (SAH), yang berarti ada pendarahan di otaknya. Aneurisma yang sering mengakibatkan kematian atau kerusakan otak permanen.

Untuk mencoba mencegah masalah yang mengancam jiwanya lebih lanjut, aktris berusia 32 tahun ini menjalani operasi otak selama tiga jam. Padahal, dia mengaku ragu-ragu karena hidupnya sangat sibuk. Dia berkata, "Aku berada di tengah-tengah kehidupanku yang sangat sibuk — aku tidak punya waktu untuk operasi otak."

Ketika dia terbangun dari operasi dengan teknik invasif minimal, yang mengharuskan pemasangan kawat melalui salah satu arteri di selangkangan dan sampai ke jantung dan otaknya, dia harus melewati masa pemulihan selama dua minggu tanpa komplikasi besar. Tepat setelah dua minggu, Emilia Clarke mengatakan dia tidak bisa mengingat atau menyebut nama lengkapnya.

"Aku tidak pernah mengalami ketakutan seperti itu — perasaan akan kehancuran yang mendekat. Aku bisa melihat hidupku di depan, dan itu tidak layak untuk dijalani. Aku seorang aktor; Aku perlu mengingat dialogku. Sekarang aku tidak bisa mengingat namaku... Pada saat-saat terburuk itu, aku ingin menarik peralatan medis. Aku meminta staf medis untuk membiarkanku mati,” kenang Emilia Clarke seperti dilansir dari laman Cosmopolitan.

Setelah satu minggu, Emilia Clarke dapat berbicara lagi, tetapi dia diberi tahu bahwa dia menderita aneurisma lain di sisi lain otaknya, yang dapat "meletus" kapan saja. Karena dokternya mengatakan itu tidak berbahaya, dia kembali menjalani promo musim pertama Game of Thrones, meskipun dia mengakui minum morfin di sela-sela wawancara.  Dan saat syuting musim kedua, aktris kelahiran London, 23 Oktober 1996 berkata, "Setiap menit setiap hari saya pikir saya akan mati karena rasa sakit dan kelelahan.”

Begitu selesai syuting musim ketiga, Emilia Clarke mengatakan pertumbuhan aneurisma kedua telah dua kali lipat dan dokter harus mengoperasinya kembali. Sayangnya, operasi kedua itu tidak berhasil, yang berarti pengobatannya harus masuk ke tengkoraknya kali ini.

Baginya, pemulihan kedua bahkan lebih buruk daripada yang pertama, dan Emilia Clarke mengalami kesulitan menghadapi wartawan sesudahnya karena dia takut orang akan mengetahuinya. Dia mengakui bahwa dia berbohong pada saat itu, tetapi sekarang dia siap untuk menceritakan semuanya. Dan setelah beberapa tahun pulih, Emilia Clarke mengatakan dia sekarang "seratus persen" sembuh.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."