Hindari 5 Kebiasaan saat Bekerja di Kantor yang Bisa Bikin Gemuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita memiliki banyak waktu untuk menjalani gaya hidup sehat ketika berada di rumah. Tapi saat bekerja di kantor, kita berada dalam tekanan, semua kebiasaan sehat tidak bisa dilakukan karena keterbatasan waktu dan padatnya aktivitas.

Baca juga: Kiat agar Tetap Fokus saat Kerja di Rumah atau Kedai Kopi

Salah satu akibat yang mungkin terjadi dari kebiasaan tidak sehat ini adalah kegemukan atau bertambahnya berat badan tanpa terkendali. Berikut adalah beberapa kebiasaan tidak sehat saat bekerja di kantor yang memungkinkan berat badan Anda bertambah dengan cepat, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Tidak sarapan
Meski ini kebiasaan pribadi, namun rata-rata orang selalu menyalahkan kantor dan pekerjaan sebagai penyebab mereka tidak sarapan. 'Saya terlambat bekerja' adalah alasan yang biasa digunakan sebagai pembelaan untuk merasa lebih baik karena melewatkan waktu makan terpenting hari ini. Karena tidak sarapan, Anda cenderung merasa lebih lapar sehingga makan dalam porsi besar pada waktu makan siang.

2. Camilan tidak sehat
Makanan ringan yang sering Anda makan sambil bekerja rata-rata diolah dengan cara digoreng atau diasinkan. Kebiasaan ini adalah salah satu penyebab utama bertambahnya berat badan. Sebaiknya, siapkan bekal berupa buah dan sayuran segar untuk camilan yang sehat untuk bekerja di kantor.

3. Minum kopi
Terlalu banyak minum kopi berarti terlalu banyak kafein. Ini berarti tidur nyenyak yang pada gilirannya akan membuat Anda melewatkan sarapan pagi lagi. Apalagi jika Anda menyukai kopi dengan campuran susu dan gula. Itu berarti Anda mengkonsumsi hampir 100 kalori dari satu kali minum kopi.

4. Makan siang yang terlambat
Ada jadwal untuk setiap waktu makan. Tapi di kantor kebiasaan makan bisa berubah, entah itu karena banyaknya pekerjaan, meeting, dan sebagainya. Perlu diingat, jika Anda tidak makan pada waktu yang ditentukan, maka tubuh akan masuk ke mode kelaparan. Ini berarti laju metabolisme tubuh melambat drastis. Hal ini membuat Anda menimbun berat badan.

5. Makan di luar
Banyak pekerja berpikir bahwa membawa bekal makan siang dari rumah itu kekanak-kanakan. Padahal, sering makan di luar adalah kebiasaan yang tidak sehat. Ini berarti Anda memakan makanan kaya kalori dan tidak higienis hampir setiap hari. 

ANISA LUCIANA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."