Kiat agar Tetap Fokus saat Kerja di Rumah atau Kedai Kopi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di rumah. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di rumah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bekerja dari rumah atau dari tempat umum seperti kedai kopi terdengar lebih menyenangkan daripada harus berada 9 jam sehari di kantor. Namun, jika tidak pandai mengatur waktu dan menjaga fokus, maka bekerja di rumah, di kedai kopi, atau di tempat-tempat nonkantor lain justru akan terasa semakin berat sehingga pekerjaan tak kunjung selesai.

Baca juga:
5 Kondisi yang Membuatmu Sebaiknya Resign dari Pekerjaan

Clare Evans, pelatih manajemen waktu dan produktivitas kerja dan penulis buku Time Management for Dummies asal Inggris, mengatakan penting buat yang ingin bekerja di luar kantor untuk memiliki ruang kerja, teknologi yang mendukung, dan menentukan waktu kerja. Caranya bisa dengan menyediakan meja kerja khusus di rumah atau menemukan kedai kopi langganan yang sudah familiar dengan situasinya sebab bekerja di tempat yang sama sekali asing rentan membuat mudah terganggu oleh hal-hal baru.

Selain itu, Evans sangat tidak menyarankan utnuk mengerjakan beberapa hal sekaligus di satu waktu. “Hindari pekerjaan ganda, fokus pada satu hal saja di satu waktu,” saran Evans.

Menurutnya, meski berada di rumah sekalipun, jangan pernah mencoba mengerjakan urusan pekerjaan bersamaan dengan pekerjaan rumah, seperti mencuci piring atau menyapu lantai.

Artikel lain:
Ciri Orang Stres di Tempat Kerja, Ada 2 Jenisnya

 

“Lakukan itu di waktu istirahat kerja,” tegasnya.

Terakhir, Evans juga mengingatkan untuk tetap menentukan waktu isirahat. Beristirahatlah selama lima menit setelah 25 menit bekerja. Menurut Evans, teknik ini akan sangat membantu dalam menjaga fokus selama bekerja.

“Di manapun Anda bekerja, mengambil waktu istirahat itu penting. Selesaikan satu pekerjaan sebelum berpindah ke proyek lainnya,” jelasnya.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."