Kerja Tak Harus ke Kantor, Yuk Cek Pekerjaan yang Kini Diminati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita kerja di rumah. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kerja di rumah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pekerjaan-pekerjaan yang memiliki jam kerja yang fleksibel masih digandrungi oleh banyak orang. Tidak heran bila di berbagai titik ruang kerja bersama (coworking space) terlihat cukup ramai.

Pengamat gaya hidup Soni Muhlison mengatakan bahwa tren bekerja dengan gaya kerja fleksibel memang diminati oleh masyarakat. Sebut saja freelancer, desainer grafis, konsultan, advisor, atau pekerjaan-pekerjaan kreatif lain yang sering dipilih oleh banyak orang dengan salah satu alasannya adalah bisa bekerja secara fleksibel.

Pekerjaan semacam ini dinilai memberikan peluang untuk bekerja sesuai dengan yang disukai dengan jam kerja yang bisa diatur.

Baca juga:
Ibu Bekerja Siapkan Bekal Anak Masuk Dunia Kerja
Ciri Orang Stres di Tempat Kerja, Ada 2 Jenisnya

"Istilahnya working by choice. Ini biasanya bagi orang-orang yang bisa memilih dan memilah pekerjaan yang dia sukai. Di antaranya adalah memilih waktu dan kesenangan pekerjaan,” ujarnya.

Soni menjelaskan bahwa bekerja semacam ini yang benar-benar dinikmati akan memberikan kenyamanan bagi yang memilihnya kendati menjadi tantangan tersendiri dalam memanajemen diri. Ada dua hal yang sebenarnya menjadi pendorong seseorang menginginkan pekerjaan dengan jam kerja yang fleksibel.

Pertama, sistem kerja dari pekerjaan kreatif itu sendiri. Pekerjaan tersebut tidak harus dikerjakan di kantor tetapi bisa dikerjakan di mana saja, sementara ke kantor bisa hanya sekedar untuk presentasi.

Kondisi seperti itu memberi peluang bagi si pekerja lebih bisa mengatur waktu, misalnya waktu untuk pekerjaan-pekerjaan lainnya, waktu untuk me time serta waktu bersama keluarga ataupun kerabat.

Kedua, kondisi kemacetan lalu lintas. Ini terjadi terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, di mana jam kerja dimulai dari pagi dini hari dan berakhir pada sore hari, atau populer dengan sebutan “pekerja kantoran”. Kondisi menjemukan kemacetan tersebut mendorong seseorang untuk bisa bekerja secara lebih fleksibel.

Baca juga:
Alasan Ibu Bekerja Sangat Rentan Stres

“Seleksi time itu memberikan opsi untuk mencari celah-celah kosong di antara itu. Jadi yang dipilih adalah working by choice. Itu adalah pekerjaan yang membutuhkan manajemen diri sendiri sehingga meyakini orang lain bahwa kita bisa bekerja,” jelasnya.

Soni berpandangan bahwa tren yang terjadi sebetulnya adalah memilih pekerjaan yang lebih ringan dalam arti fleksibilitas waktu, tetapi secara finansial atau prestasi bisa mencapai sesuai dengan orang yang kerja penuh waktu. Misalnya saja bekerja secara online dengan beberapa perusahaan, namun bertemunya hanya ketika presentasi saja. Pekerjaan seperti ini dinilai banyak peminatnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."