Dokter: Kembangkan Semua Potensi Anak dengan Bermain

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi anak laki-laki bercerita pada ibunya. cdn.com

Ilustrasi anak laki-laki bercerita pada ibunya. cdn.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meningkatkan stimulasi adalah hal penting dalam tumbuh kembang anak. Orang tua tentu ingin memiliki anak yang sehat, cerdas, berani, dan juga berperilaku baik.

Bukan hanya kecerdasan otak saja, tetapi kecerdasan emosional juga penting untuk anak. Karena itu, cara terbaik untuk meningkatkan stimulasi anak adalah dengan bermain.

“Stimulasi bermain akan merangsang kemampuan pendengaran, penglihatan, memori, kognitif, bicara, emosi, gerak kasar dan halus, yang akan mengembangkan semua potensi-potensi anak sehingga kelak menjadi anak yang sehat, cerdas, kreatif, dan berperilaku baik,” tutur dokter Soedjatmiko, pakar tumbuh kembang anak.

Artikel lain:
Alasan Orang Tua Sekarang Suka Kasih Anak Nama Unik

Orang tua harus menyempatkan bermain dengan anak, bukan hanya membiarkan anak bermain dengan sendirinya atau menggunakan teknologi.

“Untuk merangsang semua potensi anak itu diperlukan satu hal ini, yaitu bermain,” lanjut Soedjatmiko.

Dia juga menjelaskan kalau saat bermain anak harus sering diberikan penjelasan atau diajak berbicara agar bisa merangsang kecerdasan memori dan juga bagus untuk stimulasi visual.

Orang tua harus mengambil peran yang aktif saat bermain dengan anak untuk memastikan kalau anak merasakan kedekatan emosional dengan orang tua. Tidak hanya itu, anak juga bisa diajak bermain bersama anak lain untuk mengajarkan rasa empati.

“Membagi mainan dengan teman itu membantu meningkatkan empati, yang nanti sangat penting saat sudah dewasa,” jelas Soedjatmiko.

Baca juga:
Bekal Supaya Anak Pandai Bergaul Saat Dewasa Nanti

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."