Bekal Supaya Anak Pandai Bergaul Saat Dewasa Nanti

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Rabu, 12 Desember 2018 16:10 WIB
Bekal Supaya Anak Pandai Bergaul Saat Dewasa Nanti

CANTIKA.COM, Jakarta - Psikolog anak Ayoe Sutomo mengingatkan agar orang tua membuka peluang seluas-luasnya bagi anak untuk bersosialisasi dengan lingkungannya. Proses sosialisasi terutama dengan teman sebaya, menurut dia, sangat bermanfaat sebagai bekal anak hingga dewasa.

Baca: Iklan BlackPink, Kata Psikolog Dampak Siaran Televisi pada Anak

"Kalau anak terus-menerus bermanin sendirian, mereka tidak akan terlatih untuk bersosialisasi saat jauh dari orang tua atau ketika dewasa. Mereka mungkin akan sedikit tidak terlatih untuk beradaptasi," ucap Ayoe Sutomo di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Desember 2018.

Interaksi sosial, dia menjelaskan, merupakan hal penting buat anak, terutama dengan teman-teman sebaya. Anak yang tidak pernah berinteraksi dengan teman sebaya akan memiliki kesulitan untuk bersosialisasi saat mereka sudah besar.

Ilustrasi anak. shutterstock.com

Lantas bagaimana cara agar anak mampu bergaul dengan teman-teman sebayanya? Ayoe Sutomo mengatakan lembaga pendidikan, seperti sekolah adalah sarana yang bisa dimanfaatkan. Jika ingin menambah lingkaran pertemanan anak, orang tua bisa mengikutsertakan buah hati mereka di program summer camp atau weekend camp.

Artikel lainnya:
Cara Nadya Hutagalung Membesarkan Anak untuk Membuat Perubahan

Program tersebut akan memberi jarak antara anak dengan orang tua. Anak akan terdorong untuk mandiri sekaligus berinteraksi dengan teman sebaya melalui berbagai kegiatan positif. "Sebenarnya ketika anak main di luar itu ada manfaatnya. Namun orang tua tetap harus memonitor," ucap dia.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA