Kiat Menjaga Kesehatan Batita di Musim Hujan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi bayi demam. shutterstock.com

Ilustrasi bayi demam. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim hujan yang diperkirakan oleh BMKG berlangsung hingga awal Februari 2019 menjadi catatan khusus bagi para ibu, terutama yang memiliki batita. Di usia ini, anak batita lebih rentan terhadap penyakit musim hujan, seperti flu, diare, hepatitis, hingga demam berdarah.

“Para ibu harus bersiap lebih waspada untuk batita di musim hujan mengingat banyak penyakit menular yang berseliweran di sekeliling mereka. Semua langkah pencegahan bisa dimulai dari aktivitas di dalam rumah,” kata dr Bernie Endaryani Medise, Sp.A(K), MPH saat ditemui di Jakarta, Selasa, 29 Januari 2019.

Berikut sejumlah kiat yang bisa diterapkan ibu dengan mudah dari dalam rumah.

Artikel lain:
Musim Hujan Baju Susah Kering, Lakukan 4 Cara Ini

3 Cara Supaya Penampilan Tetap Maksimal di Musim Hujan

1. Jaga kebersihan
Biasakan mencuci tangan batita setiap usai bermain dan waktu makan. Begitu pula saat mau tidur, terlebih dulu cuci tangan dan kaki agar tidak ada kuman-kuman yang menempel di tubuhnya, mengingat beberapa jenis mikroba tumbuh pesat di musim hujan. Pastikan pula selalu mengelap hingga kering agar tidak memicu timbulnya jamur. Kondisi kebersihan rumah dan kamar mandi juga menjadi faktor terlindunginya batita dari penyakit.

2. Pisahkan sementara
Bila Anda atau salah satu anggota keluarga lainnya tidak dalam kondisi fit atau masih gejala flu, sebaiknya jangan dulu mendekati anak untuk menjaga imunitas batita.

ilustrasi anak (pixabay.com)

3. Gunakan perawatan pelindung
Kondisi kulit bayi yang lima kali lebih tipis dari orang dewasa juga menjadi perhatian penting untuk menghalau paparan kuman dari luar. Kondisi kulit kering yang kerap muncul di musim hujan juga membuat kulit batita bisa kering sehingga menyebabkan iritasi. Berikan pelembap, losion, atau minyak bayi.

4. Waktu tidur
Dengan tercukupinya waktu tidur batita juga membentengi datangnya penyakit. Ketika tidurnya berkualitas, organ tubuh bekerja memperbarui sel-sel tubuh yang rusak akibat pengaruh lingkungan sekitar. Kegiatan tidur juga membuat daya konsentrasi dan suasana hati yang lebih baik pada batita, sama halnya pada orang dewasa.

Baca juga:
4 Pilihan Busana yang Cocok di Musim Hujan

 

5. Asupan
Bila asupan ASI dan MPASI untuk batita tercukupi bisa mencegah munculnya penyakit di musim hujan. Penuhi kebutuhan protein hewaninya, bisa lewat telur, ayam, udang, dan ikan. Untuk pilihan ikan tidak hanya salmon, ikan tongkol dan kembung pun bagus untuk perkembangan otak anak.

Variasi protein nabati bisa didapat dari tempe dan tahu. Untuk sayuran bisa bayam, kangkung, hingga brokoli. Namun, pastikan semua sayur selalu dimasak matang untuk batita untuk mencegah masuknya mikroba yang menempel di sayur. Selalu buat porsi makanan untuk sekali santap untuk menjaga kandungan gizinya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."