Dokter Ungkap Sederet Manfaat Pijat Bayi, Bisa Dilakukan Sendiri

Ilustrasi pijat bayi. massagemag.com

keluarga

Dokter Ungkap Sederet Manfaat Pijat Bayi, Bisa Dilakukan Sendiri

Selasa, 29 Januari 2019 20:36 WIB
Reporter : Antara Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Sekedar memberikan pijatan ringan untuk bayi sebenarnya tak perlu sampai meminta bantuan dukun atau tukang pijat bayi. Begitu pendapat dokter spesialis anak dari FKUI, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp A(K), MPH.

"Melakukan baby massage penting. Tetapi enggak usah ke dukun bayi," ujarnya.

Ada berbagai macam manfaat bila orang tua yang melakukan sendiri pemijatan pada anak, antara lain melatih kedekatan emosional anak dan orang tua dan membuat anak tidur lebih nyenyak.

Artikel lain:Kenali Gejala Dehidrasi pada Bayi Baru LahirBayi Baru Lahir Bisa Diajak Main, Ketahui Mainan Anak yang Tepat

Selain itu, bayi yang dipijat juga menunjukkan pertambahan berat badan, tangisan berkurang, stres berkurang dan nafsu makan meningkat. Dalam kesempatan berbeda, Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A(K), M.Kes, MH.Kes., pernah mengatakan pijat bayi juga bermanfaat untuk tumbuh kembang optimal bayi.

"Anak dipijat dari ujung kepala sampai kaki. Ada yang mengarah menjauhi atau mendekati jantung. Kalori atau apapun yang dimakan bayi disalurkan, motorik lebih bagus, nafsu makan lebih baik. Saraf di daerah perut kita pijat. Semua sistem saraf jadi bagus," katanya.

Baca juga:Bunda Mesti Kenali 3 Jenis Kulit Bayi untuk Tangkal Penyakit