Bunda Mesti Kenali 3 Jenis Kulit Bayi untuk Tangkal Penyakit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi bayi

Ilustrasi bayi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Riset yang dilakukan perusahaan produk perawatan kulit ibu dan bayi, Mustela menunjukkan kulit bayi berusia 0 sampai 2 tahun berbeda dengan kulit orang dewasa. Sebab itu, bayi perlu menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing, untuk menghindari ruam ASI, ruam popok, iritasi, dan kemerahan.

Baca juga:
Ketahui Pentingnya Fase Merangkak pada Bayi
Bayi Baru Lahir Bisa Diajak Main, Ketahui Mainan Anak yang Tepat

Penelitian Mustela tadi menunjukkan bayi lahir dengan jenis kulit yang berbeda karena lapisan pelindung kulit bayi masih belum matang dan rapuh. Kulit bayi cenderung kering bila tidak dilindungi dan diperkuat. Padahal, kulit bayi memiliki kekayaan stem cell untuk regenerasi kulit yang menentukan kualitas kulit selama masa pertumbuhan sampai dewasa.

"Kita harus memahami masing-masing bayi mempunyai karakteristik kulit yang berbeda dan tentu mempunyai kebutuhan perawatan yang berbeda juga," kata Mohamad Nurhadi, Brand Manager Mustela Indonesia PT Interbat di Jakarta Selatan, Rabu 8 Agustus 2018. "Kenali Jenis Kulit Bayimu adalah kampanye dari Mustela untuk mengajak orang tua atau bunda belajar mengenali jenis kulit buah hati."

American Academy of Family Physicians atau AAFP menyatakan salah satu keluhan yang paling sering dialami bayi adalah gangguan kulit. Kampanye Kenali Jenis Kulit Bayimu mendorong para ibu untuk memberikan perlindungan dan perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit bayi.

Reisa Broto Asmoro, Dokter Kulit Kecantikan dan Brand Ambassador Mustela, di Jakarta Selatan, Rabu 8 Agustus 2018. TEMPO/Astari P Sarosa

Ada 3 jenis kulit bayi yang dapat dikenali dengan mudah, yaitu jenis kulit normal, kering, dan atopik. Jenis kulit normal biasanya lebih lembut, lembap dan bersih. Jenis kulit kering cenderung lebih kasar, bersisik, dan mudah mengelupas. Adapun jenis kulit dermatitis atopik atau eksim ciri-cirinya adalah kulit bayi jauh lebih kering, muncul bercak merah, dan bayi tampoak tidak nyaman karena gatal.

Artikel lainnya:
Tips Menggendong Anak yang Benar Sesuai Usia
Alasan Bayi Tak Boleh Diberi Makan sambil Jalan-jalan

"Untuk bayi dengan jenis kulit atopik harus menggunakan pelembap yang khusus," kata dokter Reisa Broto Asmoro, Brand Ambassador Mustela Bebe dan Mustela Maternity. Bayi yang memiliki jenis kulit atipik harus diberi pelembap secara rutin dan wajib menggunakan produk tanpa paraben, tanpa alkohol, dan tak boleh berparfum.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."