5 Jamu untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Reporter: Bisnis.com
Editor: Rini Kustiani
Selasa, 9 Oktober 2018 17:05 WIB
5 Jamu untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

CANTIKA.COM, Jakarta - Jamu bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Jika tak ada waktu untuk berolahraga dan tak mau mengkonsumsi obat diet, coba resep tradisional dengan minum jamu.

Baca:
Mau Diet Keto atau Diet Apapun, Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Setidaknya ada lima jenis jamu yang berkhasiat menurunkan berat badan. Berikut ini rinciannya:

1. Jamu kunyit asam
Jamu kunyit asam termasuk yang legendaris dan ada dari masa ke masa. Kunyit memiliki senyawa yang ampuh membakar lemak di perut. Cukup menyiapkan sejumlah bahan, seperti asam jawa dan gula merah atau madu sebagai pemanis.

Beberapa khasiat lain dari jamu ini adalah mengendalikan nafsu makan, detoktifikasi tubuh, dan melancarkan metabolisme. Minum jamu kunyit asam sekali sehari untuk hasil yang optimal.

Ilustrasi kunyit. Ndtv.com

2. Jamu galian singset
Ini adalah minuman tradisional yang terbuat dari beberapa bahan alami seperti daun jati Belanda, kunir putih, dan temulawak. Untuk menurunkan berat badan,merebus semua bahan tersebut lalu minum air hasil rebusan. Tambahkan pemanis alami, seperti madu atau gula kelapa untuk sedikit menetralisir rasa pahit.

3. Jamu daun sirih dan temu kunci
Seperti kunyit asam, daun sirih juga bermanfaat menurunkan berat badan. Daun sirih mampu mengatasi bau badan, gatal-gatal, dan untuk detoksifikasi. Sementara itu, temu kunci berguna untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Tanaman sirih merah (Piper Crocatum). TEMPO/ Gunawan Wicaksono

Temu kunci juga berkhasiat sebagai obat diare, mengatasi keputihan, dan pelangsing tubuh. Cara membuat jamu ini, tumbuk daun sirih dan temu kunci. Peraslah kedua bahan yang telah ditumbuk dan minum air perasannya. Jika terasa kurang nikmat, tambahkan sedikit madu atau gula jawa.

4. Teh hijau
Teh hijau telah lama dipercaya mampu meningkatkan kesehatan. Salah satunya adalah khasiat melancarkan metabolisme tubuh. Adapun cara mengolah teh hijau untuk membantu menurunkan berat badan adalah menyeduh teh tersebut. Praktis dan tinggal seduh sari teh hijau dengan air panas.

Ilustrasi teh hijau. shutterstock.com

5. Jamu jati Cina
Jamu daun jati Cina dapat membantu melangsingkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Baca:
Alasan Air Lemon Berkhasiat Menurunkan Berat Badan
Diet dengan Makan Buah, Disantap Saat Bangun atau Mau Tidur?