Kesepakatan Novita Angie dan Anaknya tentang Penggunaan Gadget

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Novita Angie. TEMPO/Yatti Febri Ningsih

Novita Angie. TEMPO/Yatti Febri Ningsih

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang tua kerap kesulitan membatasi akses anak-anak mereka terhadap gadget. Setiap kali ada waktu senggang di rumah, anak-anak langsung memegang perangkat elektronik dan asyik sendiri. Sebagai ibu dua anak, Novita Angie punya jurus untuk mencegah anak kecanduan gadget.

Baca juga:
Tiru Cara Novita Angie Beri Pendidikan Seks kepada Anak
Novita Angie Berikan Botol Beralarm Supaya Anak Rajin Minum

Pada prinsipnya, ibu dari Jeremy Cornelius, 14 tahun, dan Jemima Jasmine Hardi Rajasa, 13 tahun, ini tidak melarang anak-anaknya menggunakan ponsel. Meski begitu, dia harus membatasi dan mengawasi pemakaian gadget tersebut agar tak berdampak buruk kepada anak-anak. Caranya, Novita Angie membuat kesepakatan dengan Jeremy dan Jemima.

"Kami punya aturan main. Setelah pulang sekolah ponsel harus diletakkan di kamar saya, di-charge di kamar saya, dan kalau mau chatting sebelum tidur, harus izin dulu sama saya," kata Novita Angie di acara diskusi bersama Lazada dalam merayakan Hari Anak Nasional dan Big Baby Fair 2018 di Jakarta, Selasa, 24 Juli 2018.

Bukan cuma membatasi penggunaan gadget, Novita Angie juga meminta kode akses pada setiap alat elektronik milik anak-anaknya. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan kedua anaknya yang beranjak remaja itu menyimpan atau mengakses sesuatu yang dilarang.

Novita Angie dan keluarga. Tabloidbintang.com

“Beruntungnya mereka memberi tahu kodenya. Jadi saya tahu apa saja mereka lakukan dan mereka juga cerita ke saya tentang apa saja yang mereka lalui di sekolah dan teman-teman. Semuanya," ucap Novita Angie. Meski terkesan tidak memberi privasi kepada anak-anaknya, Novita Angie mengatakan peraturan tersebut berjalan dengan baik. Bahkan, Jeremy dan Jemima tidak protes.

Artikel terkait: Prinsip Parenting Novita Angie : Disiplin Tak Bisa dengan Halus

Bagi Novita Angie, kesepakatan itu justru menjadi kunci yang membuat hubungan dia dan anak-anaknya semakin dekat dan intim. "Justru ini membuat kami dekat. Dengan tidak ada gadget saat di rumah, kami punya quality time yang lebih banyak," ucap perempuan 42 tahun itu.

YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."