Cara Novita Angie Ajarkan Putrinya tentang Menstruasi Sejak Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
TEMPO/Adri Irianto

TEMPO/Adri Irianto

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Novita Angie memiliki seorang anak perempuan bernama Jemima Jasmine yang kini berusia 12 tahun. Memasuki masa awal remaja, Novita Angie merasa Jemima perlu tahu urusan kewanitaan, semisal menstruasi dan kesehatan organ intim.

Baca juga: Manfaat Liburan buat Novita Angie, Waktu Total untuk Keluarga

Kendati Jemima belum memasuki fase itu, Novita Angie mengatakan putrinya kerap bertanya saat dia mengalami menstruasi. "Pertama ngobrol dulu saat dia melihat saya sedang menstruasi karena seperti menahan sakit," ucap Novita Angie.

Saat itu, Jemima bertanya, 'Mami luka, kok enggak berdarah?'. "Nah, dia sudah belajar kalau setiap bulan wanita akan mengalami menstruasi," ucapnya. Bukan hanya perihal menstruasi, Novita Angie juga sudah mengenalkan edukasi seksual kepada anaknya.

Artis Novita Angie dalam pembukaan gerai Chef Tony di Neo Soho Mall Jakarta, 23 Maret 2017. Tempo/Zara Amelia

Menurut Novita, pengetahuan tentang organ intim tak lagi tabu dibicarakan di zaman Internet yang serba terbuka seperti sekarang ini. "Sekarang anak-anak lebih cepat paham karena ada televisi dan internet. Dari situ mereka cepat paham soal cinta-cintaan dan seksual," katanya.

Mengenai pendidikan seks, Novita Angie memilih menunggu pertanyaan dari anak-anaknya ketimbang menjelaskan lebih dulu. "Kalau mereka tanya, oke dijawab," kata Novita Angie.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."