Tiru Cara Novita Angie Beri Pendidikan Seks kepada Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Novita Angie dan keluarga. Tabloidbintang.com

Novita Angie dan keluarga. Tabloidbintang.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengetahuan tentang seks perlu diberikan kepada anak dalam waktu dan cara yang tepat. Anak semestinya memiliki pengetahuan tentang seks dari orang tua atau guru di sekolah, bukan dari orang lain atau teman sebaya agar tak mendapat pemahaman yang keliru. Orang tua juga jangan malu menyampaikan pengetahuan ini, seperti yang dilakukan Novita Angie.

Baca juga:
Prinsip Parenting Novita Angie : Disiplin Tak Bisa dengan Halus
Novita Angie Berikan Botol Beralarm Supaya Anak Rajin Minum

Novita Angie mengatakan telah memberikan pendidikan seks kepada kedua anaknya Jeremy Cornelius, 14 tahun, dan Jemima Jasmine Hardi Rajasa, 13 tahun. Bahkan mereka bertiga punya kegiatan rutin, yaitu berdiskusi tentang banyak hal, salah satunya soal seks.

"Aku dan anak-anak terkadang suka membicarakan hal terkait seks. Ini tidak apa-apa, ini adalah pengetahuan sekaligus penjagaan buat mereka. Mana yang salah dan mana yang tidak boleh dilakukan," kata Novita Angie saat ditemui di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa 24 Juli 2018.

Novita Angie sempat terkejut ketika anaknya pertama kali bertanya tentang sesuatu yang berbau seks. Saat itu, dia mencoba menjelaskan dengan bahasa yang lugas agar mudah dimengerti oleh anak-anak. Novita Angie sadar anak-anaknya mulai mendekati masa pubertas dan bisa terpengaruh lingkungan tempat mereka berada, seperti sekolah dan teman bermain.

Novita Angie dan putrinya, Jemima/ Instagram

"Misalnya soal mansturbasi. Aku coba jelaskan sesimpel mungkin agar mereka paham apa itu mansturbasi. Tapi aku selalu tekankan, ‘itu tidak boleh dilakukan’," ucap dia. Novita Angie juga tidak menghindari atau melarang anak-anaknya mendapatkan informasi yang ingin mereka ketahui.

Artikel terkait:
Cara Novita Angie Ajarkan Putrinya tentang Menstruasi Sejak Dini

Terlebih di era digital saat ini, anak-anak bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui Internet. Sebab itu, penting bagi orang tua untuk terus mengawasi dan mencegah anak mendapatkan informasi yang salah. "Setiap mereka bertanya apa saja, aku enggak pernah bilang ‘jangan, kamu belum boleh tau’. Soalnya zaman sekarang apa-apa bisa dicari lewat internet, dan itu lebih bahaya. Jadi aku selalu berpesan kalau mau tanya apa-apa, ke aku dan papanya," ucap Novita Angie.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."