7 Tanda Memasuki Fase Obesitas, Sudah Waktunya Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi kegemukan. Livescience.com

Ilustrasi kegemukan. Livescience.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kegemukan atau obesitas dan diet menjadi perbincangan menarik di semua usia. Banyak orang berusaha menurunkan berat badan dan merasakan dampak dari bobot tubuh yang berlebih.

Baca juga:
Rahasia Kelly Clarkson Turunkan Berat Badan Hingga 37 Kilogram
Diet, Mau Langsing Tetaplah Makan dan Berhenti Sebelum Kenyang

Obesitas dapat memicu hipertensi, nyeri lutut, osteoporosis, sakit punggung, penyakit jantung, dan bermacam gangguan kesehatan lainnya. Tanda yang nyata ketika tubuh mulai gemuk biasanya diketahui saat menimbang badan. Angka yang kian menanjak menjadi cermin kondisi kesehatan.

Sejatinya tak cuma timbangan badan yang bisa memberitahu apakah badan ini sudah kegemukan atau belum. Tubuh itu sendiri memberikan peringatan saat sudah mengarah ke obesitas. Berikut ini 7 tanda mulai memasuki fase obesitas seperti dikutip dari Boldsky:

1. Sesak napas
Jika dada terasa sesak dan sulit bernapas, ini adalah tanda paling kentara dari obesitas. Orang gemuk memiliki akumulasi lemak yang menyulitkan udara mengalir masuk dan keluar paru-paru, terutama ketika beraktivitas dalam ritme yang cepat.

2. Nyeri punggung
Tulang sebagai penyangga tubuh mulai rapuh karena bobot tubuh semakin berat. Duduk terlalu lama sudah tak lagi nyaman, apalagi jika berdiri.

3. Malas bergerak
Ketika rasa malas mulai mendera maka tak ada lagi kalori yang terbakar signifikan. Semua menumpuk di dalam tubuh dan jika dibiarkan akan membuatmu semakin malas bergerak. Dan kamu baru sadar ketika orang mengatakan, "kok sekarang gemuk".

4. Varises
Saat dinding pembuluh darah melemah, maka pembuluh darah akan melebar. Jika dilihat dari luar, kondisi ini membuat pembuluh darah muncul ke permukaan kulit seperti garis-garis berwarna ungu atau biru alias varises.

5. Masalah lambung
Akumulasi lemak akan menekan saluran pencernaan, terutama daerah kerongkongan sampai lambung. Jika tekanan ini membesar, maka makanan di lambung akan didorong lagi ke arah kerongkongan dan memicu refluks asam, sehingga mengakibatkan sakit maag, kembung, dan masalah lambung lainnya.

6. Mendengkur
Orang gemuk umumnya lebih sering mendengkur daripada mereka yang berat badannya ideal. Dengkuran pada orang yang mengalami obesitas disebabkan peningkatan massa di sekitar leher.

7. Haid tak teratur
Lemak dapat mengganggu keseimbangan hormonal dan membuat siklus haid tidak teratur. Pada beberapa kasus, periode haid dapat tertunda sampai 10 hari, bahkan tidak menstruasi selama 2 sampai 3 bulan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."