Diet, Mau Langsing Tetaplah Makan dan Berhenti Sebelum Kenyang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi langsing. shutterstock.com

Ilustrasi langsing. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak wanita menginginkan tubuh langsing dan mencapai berat badan ideal. Untuk mencapai tujuan itu, mereka rela melakukan diet bahkan dengan cara yang cukup ekstrem, misalnya hanya menyantap sayur dan buah-buahan.

Baca juga:
Megan Fox dan 4 Seleb yang Sukses Melakukan Diet Paleo
Rahasia Kelly Clarkson Turunkan Berat Badan Hingga 37 Kilogram

Certified GoLangsing Facilitator Fiki Maulani Kursidi mengatakan untuk mendapatkan tubuh langsing tidak harus melalui diet, melainkan dengan menerapkan pola makan yang benar dan teratur. "Diet bukan berarti tidak makan karena orang yang ingin langsing tidak boleh kelaparan. Intinya makan secukupnya dan berhenti sebelum kenyang," kata Fiki Maulani di acara diskusi GoLangsing di Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu, 14 Juli 2018.

Fiki Maulani Kursidi yang juga pendiri komunitas Wajah Bunda Indonesia ini menjelaskan, kebanyakan orang yang ingin langsing menyamakan pola makan yang dipilih dengan mereka yang sedang diet, yakni hanya mengkonsumsi buah dan sayuran. Padahal, kata Fiki, untuk tetap langsing tetap bisa makan seperti biasa asal tidak berlebihan serta mengatur waktu makan dengan baik.

"Sebenarnya lebih baik selalu makan setiap empat jam sekali. Tidak harus makanan besar, seperti nasi. Cukup jus dan camilan sehat lainnya," ucap Fiki seraya menambahkan tubuh juga perlu pasokan energi untuk berktivitas setiap hari.

Ilustrasi Diet Flexitarian. diolah dari shutterstock.com

Artikel lainnya:
Ini Penyebab Orang Diet Sering Kentut
Syahrini Ungkap Kunci Diet: Langsung Telan

Selain pola makan, orang yang ingin mendapatkan tubuh langsing juga harus pandai mengelola kondisi emosionya. Beberapa perempuan, menurut Fiki Maulani, punya nafsu makan yang lebih besar ketika sedang stres atau berada di bawah tekanan. "Ini istilahnya lapar emosi. Parahnya lapar emosi ini akan berujung pada tingginya nafsu makan," kata dia.

Sebelum mematok tekad ingin langsing, Fiki Maulani Kursidi menyarankan orang tersebut harus merasa bahagia dulu. "Jika sedang stres, salurkan dan cari solusinya sehingga tidak melampiaskan pada makanan," ucap Fiki.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."