Pertama Kali Mudik Lebaran Bersama Anak, Simak Tipsnya Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi mudik/jalan-jalan bersama keluarga. Shutterstock.com

Ilustrasi mudik/jalan-jalan bersama keluarga. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari lebaran sudah semakin dekat. Beberapa keluarga sudah mempersiapkan kebutuhan untuk Lebaran, termasuk mudik. Keluarga yang baru pertama kali mudik dengan anak tentunya akan memiliki banyak tantangan di perjalanan. 

Melakukan perjalanan jauh dengan berkendara atau kendaraan umum seperti kereta dan pesawat bukan hal yang mudah. Namun yang paling penting dilakukan orang tua adalah mempersiapkan diri sebelumnya.

Artikel lainnya:

Libur Lebaran 2018, 5 Aktivitas Wajib Anak Zaman Now Saat Mudik 
Baju Lebaran dan Makeup Syahrini di Hari Raya Idul Fitri 

Mengutip laman Parents, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar tidak repot saat mudik bersama anak-anak.

#Pilihan tas yang benar
Bawa satu tas kecil yang berisi pakaian untuk hari berikutnya, dan pakaian ekstra untuk cadangan, baju tidur, sikat gigi, dan apa pun yang Anda butuhkan untuk siang dan malam selama perjalanan. Tas kecil memiliki akses yang lebih mudah bila membutuhkan sesuatu untuk anak selama perjalanan, dibanding memasukkan semua barang anak di koper. Bila perjalanan panjang, bawa selimut dan bantal kecil untuk anak. Simpan tisu basah dan tisu kering, dan juga kantong untuk sampah dalam tas tersebut, untuk jaga-jaga bila anak menumpahkan sesuatu.

#Antisipasi saat perjalanan
Perjalanan panjang biasanya membosankan untuk anak, karena itu mempersiapkan kegiatan untuk perjalanan akan sangat membantu. Bawa camilan yang sehat, agar anak tidak bosan selama perjalanan. Bila anak sudah merasa bosan, siapkan mainan yang mudah untuk dibawa-bawa. Untuk perjalanan menggunakan mobil pribadi, siapkan CD atau playlist dengan lagu-lagu favorit anak Anda. Sedangkan untuk perjalanan menggunakan pesawat atau kereta, Anda juga bisa memberikan headphone yang besar untuk anak, agar mereka bisa mendengarkan musik favorit selama perjalanan.

Baca juga:

Tren Baju Lebaran, Ivan Gunawan Paling Anti dengan Warna Ini

Baju Lebaran Didiet Maulana, Santun dan Tradisional buat Milenial

#Waktu untuk istirahat
Beri waktu ekstra selama perjalanan, terutama bila mudik menggunakan mobil pribadi. Anda harus berhenti untuk menyusui, mengganti popok, dan meregangkan tubuh. Berhenti untuk istirahat sejenak atau dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya berhenti di tempat yang memiliki semua hal yang dibutuhkan, dari toilet sampai makanan. Walaupun akan sampai di tempat tujuan lebih lama, hal ini akan membantu Anda untuk tidak stres selama perjalanan. Waktu untuk istirahat bukan hanya untuk anak, tetapi untuk Anda juga.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."