Plih Mana Kloset Duduk atau Jongkok?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi toilet duduk. victoriaplum.com

Ilustrasi toilet duduk. victoriaplum.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Umumnya, orang Indonesia menggunakan dua jenis kloset saat ini, kloset duduk dan jongkok. Sebagian besar orang yang tinggal di kota besar, kloset duduk lebih jadi pilihan karena memiliki kesan modern dan bersih. Namun, bukan berarti, berarti kloset jongkok kuno dan kurang bersih?

Setiap model kloset tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengutip Medical Daily, hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences mengungkapkan bahwa posisi jongkok atau duduk saat di toilet, bisa memengaruhi kelancaran saat buang air besar.

Dalam penelitian itu juga disebutkan kalau kloset jongkok lebih higienis dibandingkan kloset duduk. Ini karena tidak terjadi kontak langsung antara tubuh dengan kloset itu sendiri. Menggunakan kloset jongkok juga dapat melatih kekuatan kaki dan otot kaki, melatih otot menahan berat badan, dan melatih otot dasar panggul.

Ilustrasi toilet jongkok. washingtoncitypaper.com

Baca juga: Risiko Diet Kekinian Bagi Tubuh 

Sedangkan kloset duduk, lebih dianjurkan karena dalam posisi duduk. Tidak banyak terjadi tarikan pada lutut sehingga lebih nyaman digunakan. Selain untuk penderita arthritis, kloset duduk juga baik untuk ibu hamil, orang tua/lansia, dan penderita obesitas karena lebih nyaman, baik di perut maupun lutut.

Baca juga: Vetsin Tidak Selalu Buruk untuk Kesehatan, Ini Faktanya

Sementara, kloset duduk memiliki pontensi tinggi untuk perpindahan kuman dan virus. Itu karena terjadi kontak langsung antara tubuh dan kloset, dan semakin bahaya jika kloset kurang higienis. Sedanngkan kloset jongkok dapat menyebabkan arthritis atau gangguan lutut. Makanya, jenis kloset ini tidak disarankan untuk penderita arthritis. Tarikan pada lutut yang terjadi ketika berjongkok serta kondisi lutut yang mudah lelah, tidak baik untuk penderita arthritis.

Baca juga: 3 Kunci Sehat ala Sri Mulyani

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kloset, tentu kita semakin bijak dalam menentukan jenis kloset mana yang lebih baik digunakan. Pilihlah kloset sesuai kebutuhan Anda, karena pilihan toilet itu tergantung kenyamanan dari penggunanya.

HOME

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."