2 Kunci Rahasia Supaya Foundation dan Bedak Tahan Lama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi make up nude atau natural. shutterstock.com

Ilustrasi make up nude atau natural. shutterstock.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak yang memakai bedak dengan cara menggosokkan spons bedak pada wajah. Begitu juga saat memakai foundation atau alas bedak, dengan cara mengoleskan ke seluruh permukaan wajah.

Padahal supaya alas bedak dan bedak rata dan tahan lama, membutuhkan cara khusus saat mengaplikasikannya. Makeup artist Ade Beby berbagi kiat sederhana namun tepat dalam mengaplikasikan alas bedak dan bedak. 

Sesuaikan dengan Warna dan Jenis Kulit
Fungsi memakai alas bedak dan bedak adalah untuk membuat kulit wajah lebih cerah, segar, dan menyamarkan kekurangan pada permukaan wajah. Membuat wajah tampak lebih cerah berbeda dengan membuatnya tampak putih. Sayang, masih banyak wanita yang memakai bedak berlebih atau memilih warna bedak lebih terang dari warna kulit agar wajah terlihat putih.

Baca juga: Nita Thalia dan Seleb yang Operasi Plastik demi Tampil Cantik

Ilustrasi Pressed foundation. youniqueproducts.com

“Pada dasarnya kita merias diri supaya cantik. Menutupi kekurangan, menonjolkan kelebihan yang dimiliki. Jadi perangkat makeup digunakan sesuai porsinya saja. Memakai bedak juga bukan agar kelihatan putih, melainkan untuk menutupi kekurangan-kekurangan pada kulit wajah, memperhalusnya, dan memberi kesan segar. Saat kita memakai bedak tebal juga alas bedak tebal, bukannya terlihat bagus, wajah justru terlihat kotor. Apalagi nanti kalau sudah berkeringat, bisa terlihat belang,” ujar Beby.

Yang perlu diperhatikan pertama, sesuaikan alas bedak dan bedak dengan warna dan jenis kulit. “Kalau kulit gelap, ya jangan pilih warna yang terang. Pilih warna cokelat atau netral. Lalu sesuaikan alas bedak dengan jenis kulit. Misalnya kulit berminyak, pilih alas bedak matte dan bedak loose powder. Untuk pemilik kulit ini, jangan memakai compact powder kecuali ada acara khusus atau pesta besar, karena bisa menyumbat pori-pori,” ungkap makeup artist yang biasa mendandani Asri Welas, Fitri Tropica, dan Ussy Sulistyawati. 

Baca juga: Pesan di Balik Makeup Emma Stone

Gunakan Jari-jari Tangan Anda
Lalu agar alas bedak dan bedak menyerap dengan baik serta menutupi kekurangan seperti noda hitam dan kerut dengan sempurna, ada trik khusus saat mengaplikasikannya. Biasanya ada beberapa cara mengaplikasikan alas bedak, bisa menggunakan kuas, spons bedak, atau jari-jari tangan. 

Memang teknik menepuk ini membutuhkan waktu lama dan tingkat kesabaran tinggi. Berikan sedikit penekanan pada tepukan Anda, sehingga alas bedak menyerap sempurna. “Harus sabar sampai alas bedak benar-benar rata. Kalau asal rata saja atau asal gosok saja, biasanya nanti bedak enggak akan tahan lama, cepat pudar,” ujar Beby.

Ilustrasi bedak tabur. Thenational.ae

Setelah alas bedak merata, diamkan sesaat baru kemudian tambahkan bedak. Untuk jenis bedak loose powder, hasilnya akan lebih rata dan natural bila Anda menggunakan kuas bedak.

“Kalau mau pakai spons bedak juga bisa, caranya tepuk-tepuk dengan penekanan. Ini juga berlaku jika menggunakan compact powder. Setelah itu ratakan dan sempurnakan lagi dengan kuas bedak,” ucap Beby.

Dengan cara ini, permukaan wajah Anda akan terlihat halus tanpa cela. Selain itu, Beby juga merekomendasikan alas bedak dan bedak yang menurutnya menempel sempurna di kulit, berdasarkan pengalamannya 20 tahun menjadi makeup artist.

“Untuk alas bedak, saya enggak pernah ke lain hati. Dari dulu sampai sekarang saya selalu menggunakan Chanel. Namun untuk produk lokal, yang saya sarankan adalah alas bedak Mustika Ratu. Untuk bedak, saya juga biasa memakai Chanel yang loose powder. Rekomendasi lokalnya, Mustika Ratu oke,” tutup Beby. 

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."