Ide Kreatif dari Eye Shadow, Lip Balm, Parfum, Toner Kedaluwarsa

Ilustrasi alat make up (mineral makeup). shutterstock.com

kecantikan

Ide Kreatif dari Eye Shadow, Lip Balm, Parfum, Toner Kedaluwarsa

Minggu, 31 Mei 2020 17:07 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Produk kosmetik bisa jadi banyak yang menganggur selama bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Tak terasa juga masa pakainya sudah terlewat alias kedaluwarsa.

Lantas, apa yang akan kamu lakukan? Langsung membuangnya? Jangan dulu. Ada beberapa kosmetik yang masih bisa digunakan untuk hal lain meski sudah kedaluwarsa.

Berikut ide kreatif yang bisa kamu ambil manfaat dari lima produk kosmetik kedaluwarsa:

  1. Eye shadow

    Kendati sudah kedaluwarsa, biasanya eye shadow tetap memiliki warna-warna yang memikat, terlebih yang mengkilap. Ketimbang dibuang, kamu bisa memanfaatkan eye shadow kedaluwarsa ini sebagai bahan tambahan cat kuku.

    Caranya, pilih warna eye shadow yang kamu inginkan untuk dicampur ke dalam cat kuku bening. Kikir atau gores eye shadow sehingga menjadi bubuk dan masukkan ke dalam cat kuku bening. Jadilah cat kuku sesuai seleramu.

  2. Face Toner

    Sebagian besar face toner kulit memiliki kadar alkohol yang tinggi. Jadi, jangan coba-coba memakainya lagi saat sudah kedaluwarsa karena berisiko pada kulit. Kamu bisa mengubah fungsinya menjadi pembersih kaca, cermin, atau layar ponsel agar makin kinclong.

  3. Lip balm atau pelembap bibir

    Berisiko jika tetap memakai pelembap bibir kedaluwarsa pada bibir. Bisa jadi bibirmu gatal-gatal dan tak nyaman. Tapi sayang juga kalau langsung dibuang, terlebih jika pelembab bibir itu masih banyak.

    Supaya tak sia-sia, kamu dapat menggunakan pelembap bibir untuk berbagai hal. Misalkan, mengoleskan pelembap bibir pada kulit yang menebal atau kapalan dan melembapkan kutikula kuku. Bisa juga melancarkan ritsleting yang macet hingga membuat sepatu kulit tetap berkilau.

  4. Parfum

    Menyemprotkan parfum yang sudah kedaluwarsa dapat memicu iritasi kulit. Ketimbang mubzir, simpan parfum dengan tutup terbuka di kamar mandi atau ruang lainnya. Parfum ini akan berfungsi sebagai pengharum ruangan.

  5. Face oil

    Kamu bisa memanfaatkan face oil yang sudah terlewat masa pakainya menjadi eksfoliator. Caranya, campurkan face oil dengan gula atau bubuk kopi. Gunakan campuran ini untuk eksfoliasi tubuh.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA