Peran Penting Orang Tua untuk Cegah Anak Pacaran Sejak Kecil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi anak kecil pacaran. parentingsquad.com

Ilustrasi anak kecil pacaran. parentingsquad.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Semakin berkembangnya internet, membuat anak kecil mendapatkan akses ke media sosial lebih banyak. Tidak heran jika sekarang kita sering melihat anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah pertama pacaran seperti orang dewasa.

Hal tersebut tentu berbahaya. Sebab, selain mengganggu sekolah dan belajar, bisa mengarah ke hal-hal yang tidak layak dilakukan anak. Psikolog keluarga, Kasandra Putranto, menjelaskan mengapa peran orang tua sangat penting untuk mencegah anak pacaran sejak kecil.

“SD dan SMP waktunya belajar, bukan waktunya pacaran. SMA juga sebaiknya kalau sudah di kelas XII. Namanya anak, tugas utamanya belajar, bukan pacaran,” tuturnya kepada Tempo, Minggu, 7 Januari 2018.

Karena sekarang akses ke berbagai macam informasi dari seluruh dunia semakin mudah didapatkan anak, peran orang tua harus lebih aktif. Baca juga: Saran Psikolog Jauhkan Anak dari Efek Buruk Pergaulan Jaman Now

“Sebaiknya sejak kecil anak sudah dibiasakan untuk menyerap info dari membaca, menonton, dan menyaksikan konten-konten yang mendidik. Selama anak terpapar pada hal yang negatif, ya anak menjadi tergerak untuk melakukan hal yang sama,” ujar Kasandra.

Ilustrasi anak perempuan dan laki-laki. shutterstock.com

Misalnya dengan melihat lingkungan sekolah dan pergaulan anak dari kecil. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Banyak anak yang mulai pacaran sebelum siap atau hanya mengikuti apa yang dilihat di televisi atau Internet.

Anak yang belum siap pacaran menjadi tidak berfokus pada hal-hal yang penting, seperti sekolah. Selain itu, anak yang mulai pacaran dari kecil bisa saja terganggu secara emosional, karena belum siap untuk pacaran, menjadi lebih cepat dan mudah patah hati.

“Ini adalah masalah menanamkan nilai sejak dini. Bisa karena biasa,” ujar Kasandra. Jangan lewatkan: Anak SD Sudah Panggil Mama Papa ke Teman Lawan Jenis, Pacaran?

Anak kecil bisa mulai pacaran karena tidak diberikan peraturan atau tidak diberi tahu sejak kecil mengenai hal apa yang anak harus hindari dan apa yang boleh lakukan saat masih bersekolah.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."