Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

beauty

Manfaat Alpukat untuk Perawatan Kulit, Menjaga Elastisitas hingga Mencegah Jerawat

Selasa, 5 Maret 2024 05:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain rasanya yang lezat sebagai kudapan sehat atau sebagai olesan roti panggang hangat, manfaat alpukat juga bisa untuk mengencangkan kulit. Hal ini disebabkan adanya lemak sehat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam buah super bergizi ini

Alpukat tidak hanya kaya akan lemak sehat, tetapi juga merupakan sumber vitamin E dan C yang sangat baik, yang keduanya berperan penting dalam kesehatan dan vitalitas kulit Anda.

Berikut adalah manfaat alpukat untuk perawatan kulit

1. Menenangkan kondisi kulit

Menurut Maya Ivanjesku, kepala ilmuwan di LaFlore Probiotic Skincare, lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat.

Selain itu, kata Ivanjesku, nutrisi yang sama dapat membantu memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warna kulit.

2. Mencegah kerusakan kulit

Penelitian dari tahun 2011 menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan. Kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) pada kulit Anda dapat menyebabkan kerutan, tanda-tanda penuaan lainnya, dan kanker kulit.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dan vitamin E, yang ditemukan dalam alpukat, berperan penting dalam membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya.

3. Meningkatkan elastisitas kulit

Sebuah penelitian tahun 2010 terhadap lebih dari 700 wanita mengamati hubungan antara kondisi kulit dan asupan lemak dan mikronutrien antioksidan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan lemak yang tinggi – terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti lemak yang ditemukan dalam alpukat – membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

<!--more-->

4. Mencegah jerawat

Jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat, Ivanjesku mengatakan membersihkan wajah dengan minyak alpukat dapat membantu mencegah jerawat. Hal ini disebabkan sifat antimikroba dalam minyak alpukat. Dia juga menunjukkan bahwa menggunakan minyak alpukat sebagai pembersih dapat membantu kulit Anda terasa lebih kenyal dan lembap.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan, Ivanjesku menyarankan untuk mencoba minyak alpukat pada kulit Anda. Minyak alpukat yang diperas dingin memiliki banyak antioksidan, sterol tumbuhan, omega-9, mineral, dan vitamin, termasuk vitamin C dan E. Bersama-sama, nutrisi ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, meredakan peradangan, dan mengangkat kulit tua. sel,” katanya.

6. Mencegah kulit kering

Alpukat adalah sumber biotin yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Biotin diketahui membantu mencegah kulit kering bila dioleskan. Ini juga dapat membantu mencegah rambut dan kuku rapuh.

7. Sebagai pembersih atau pelembab

Manfaat alpukat tidak hanya terbatas pada daging buahnya saja. Anda juga bisa menggunakan minyak alpukat, yaitu minyak yang diekstraksi dari ampasnya. Sebagai pembersih, Ivanjesku menyarankan untuk menambahkan minyak alpukat ke bola kapas dan membersihkan wajah dan leher dua kali sehari.

Cara lain untuk memasukkan minyak alpukat, kata Williams, adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak alpukat 100 persen ke dalam pelembab favorit Anda.

Apakah ada efek samping penggunaan alpukat pada wajah Anda?

Jika Anda belum pernah menggunakan alpukat atau minyak alpukat pada kulit Anda sebelumnya, sebaiknya lakukan uji tempel sebelum menggunakannya pada wajah Anda.

Untuk melakukan uji tempel, oleskan sedikit alpukat atau minyak alpukat ke bagian dalam siku atau pergelangan tangan Anda. Jika Anda sensitif terhadap alpukat atau minyaknya, Anda akan merasakan gatal, kemerahan, bengkak, atau terbakar dalam beberapa jam. Jika Anda tidak mengalami reaksi apa pun, kemungkinan besar aman digunakan pada wajah Anda.

Pilihan Editor: Manfaat Alpukat untuk Tubuh, dari Mencerahkan Kulit hingga Dongkrak Gairah Bercinta

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika