Tips Kulit Sehat Bebas Dehidrasi saat Puasa, Penuhi Asupan Cairan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kulit sehat saat puasa dan terhindar dari dehidrasi/Foto: Doc. Be Hati

Ilustrasi kulit sehat saat puasa dan terhindar dari dehidrasi/Foto: Doc. Be Hati

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berbagai penelitian dan jurnal ilmiah menyebut puasa memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh. Selain menurunkan berat badan, puasa juga bisa memperbaiki metabolisme tubuh hingga menjaga kesehatan jantung. Oleh sebab itu, Spesialis Kulit dan Kecantikan Dokter Khoirul Hadi berbagi tips kulit sehat saat puasa. 

Dokter Khoirul mengatakan banyak penelitian yang menyebut bahwa puasa bisa mendetoksifikasi dan membuat regenerasi sel kulit menjadi lebih baik. Hanya saja, sebagian masyarakat mengeluhkan kulit kering selama berpuasa. Selain itu, bibir menjadi pecah-pecah. 

Menurut dokter yang juga Founder Be Hati Skin Clinic ini kondisi tersebut sebenarnya bisa dicegah. Kulit kering dan bibir pecah-pecah itu merupakan salah satu ciri kulit mengalami dehidrasi yang disebabkan oleh kekurangan asupan cairan.

Bukan hanya membuat kulit kering, dehidrasi pada dasarnya juga bisa membuat organ tubuh lain menjadi terganggu. "Kuncinya adalah asupan cairan selama bulan Ramadan harus tetap mencukupi meskipun kita sedang berpuasa," ucap Dokter Khoirul melalui siaran pers, Kamis, 21 Maret 2024. 

Dia menyarankan, kebutuhan tubuh terhadap cairan sebanyak 8 gelas tiap hari harus tetap tercukupi. Air putih bisa diminum dengan pembagian 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat sebelum dan sesudah Tarawih.

"Selain itu pastikan kita makan sahur dan berbuka dengan gizi seimbang serta buah-buahan yang mengandung air serta menghindari kafein," kata dia.

Selama berpuasa, penggunaan pelembap kulit juga sangat disarankan. Pastikan pelembap yang digunakan sesuai dengan jenis dan karakter kulit. Meski sedang berpuasa, olahraga ringan juga tidak boleh ditinggalkan. Hal ini penting agar sirkulasi oksigen di dalam tubuh tetap lancar sehingga membuat kulit tetap segar dan cerah.

Adapun untuk mencegah bibir pecah-pecah saat berpuasa, Dokter Khoirul menyarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin saat berbuka dan sahur. "Hindari membasahi bibir dengan lidah, karena justru akan membuat bibir semakin kering," kata dia.

Jika masalah kulit masih tetap terjadi selama berpuasa, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. Sehingga, kulit bisa kembali sehat, halus dan mulus saat berkumpul dengan keluarga di lebaran nanti.

Pilihan Editor: Tips Kulit Sehat dan Lembap Selama Puasa

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."