Manfaat Alpukat untuk Tubuh, dari Mencerahkan Kulit hingga Dongkrak Gairah Bercinta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi alpukat. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi alpukat. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Alpukat adalah salah satu makanan yang paling enak dan serbaguna, entah itu menjadi tambahan di roti panggang, dihaluskan menjadi guacamole, atau smoothie krim yang kental. Bukan cuma itu, ketahui pula sederet manfaat alpukat berkat kandungan gizinya.

Secara keseluruhan, alpukat adalah sumber gizi yang baik dari banyak mikronutrien penting, termasuk vitamin C, E, dan K, serta riboflavin, magnesium, potasium, dan banyak lagi, menurut Taylor Fazio, ahli diet dan konsultan kesehatan di Lanby, New York, Amerika Serikat. Alpukat juga tinggi folat, yang merupakan gizi yang sangat penting selama kehamilan.

Apa saja manfaat alpukat untuk tubuh? Berikut kebaikan alpukat untuk usus, jantung, kulit hingga mendongkrak gairah bercinta.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Alpukat kaya asam lemak omega-3, sejenis lemak yang terbukti mendukung kesehatan jantung; Satu studi menyatakan bahwa asam lemak omega-3 telah terbukti menurunkan tekanan darah dan lemak tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Usus

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), alpukat mengandung serat tinggi. Satu porsi atau sepertiga buah alpukat mengandung tujuh gram serat. Serat membantu menjaga saluran pencernaan tetap teratur dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

3. Baik untuk Kulit dan Rambut

Tahukah kamu makan satu buah alpukat sehari bisa berdampak besar pada kulit Kamu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology pada 2022 menemukan bahwa wanita yang makan alpukat sehari selama delapan minggu secara signifikan meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi alpukat.

Semua asam lemak omega-3 dalam alpukat juga berperan dalam meningkatkan kesehatan rambut sekaligus mengatasi masalah rambut rontok.

Baca juga: Trik Mudah Menyimpan Alpukat agar Tahan Lama

4. Bantu Menurunkan Berat Badan

Alpukat kaya akan lemak sehat, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat kamu kenyang lebih lama. Maka dari itu, alpukat termasuk menu favorit dalam diet apa pun. 

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menurut USDA, alpukat tidak mengandung kolesterol. Faktanya, alpukat bisa menjadi pilihan yang baik jika kamu ingin menurunkan kadar kolesterol jahat. Dikutip dari Mayo Clinic, bahwa makan satu buah alpukat sehari juga bagian dari diet sehat jantung.

6. Dongkrak Gairah Bercinta

Studi menunjukkan bahwa aliran darah yang meningkat berperan besar menciptakan gairah ke organ seksual. Di bagian itulah, alpukat dapat berperan berkat kandungan asam lemak omega-3-nya. Lemak sehat yang melimpah dalam alpukat itu bisa meningkatkan dan memperbaiki sirkulasi pada aliran darah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah pembentukan plak di arteri, sehingga meningkatkan aliran darah. Alpukat juga mengandung vitamin E, antioksidan yang dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi kerusakan DNA sperma, menurut review tahun 2016 di Internal Journal of Reproductive BioMedicine.

NADIA RAICHAN FITRIANUR | POP SUGAR

Baca juga: Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Jantung dan Mata

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."