Mengenal Jenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya Menurut Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bekas jerawat. Pixabay.com

Ilustrasi bekas jerawat. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBekas jerawat salah satu kondisi yang bisa dialami usai mengatasi jerawat. Ada dua kategori utama bekas jerawat, yaitu yang meninggalkan sisa perubahan warna atau menyebabkan perubahan tekstur pada kulit wajah menurut dokter kulit bersertifikat Aya Ahram. Kedua kondisi itu menghadirkan tantangan masing-masing. Yuk, kita pelajari bersama untuk menyamarkan atau menghilangkannya.

Jenis Bekas Jerawat

1. Bekas luka atrofi 

Bekas luka atrofi atau athopic scars adalah jenis bekas jerawat yang meninggalkan sedikit lekukan dan tekstur pada kulit Anda. Athopis scar terbagi dari tiga jenis, yakni boxcar scars, rolling scars, dan ice pick scars.

Boxcar scars adalah cekungan yang lebar dan berbentuk kotak dengan tepi yang tajam,” kata dokter Ahram.

Sementara itu, rolling scars adalah bekas luka yang lebar dan dangkal dengan tepi miring yang membuat kulit tampak seperti gelombang. Da,  ice pick scars adalah bekas luka sempit berbentuk V yang memanjang hingga ke dalam kulit.

Untuk mengobati bekas luka ini, menurut dokter Ahrammemerlukan dokter kulit dan perawatan di klinik seperti laser pelapisan ulang. 

2. Bekas luka hipertrofik

Bekas luka hipertrofik atau hypertrophic scars tidak meninggalkan tekstur, namun meninggalkan bekas. Bekas luka ini lebih mengarah pada perubahan warna, baik merah (bekas luka yang disebut eritema inflamasi) atau bintik yang lebih gelap dari warna kulit Anda (disebut hiperpigmentasi pasca inflamasi). Ini lebih mudah dikurangi dengan perawatan kulit atau solusi yang dijual bebas karena menargetkan lapisan luar dermis. 

Bisakah menghilangkan bekas jerawat secara alami?

Semua dokter kulit sepakat bahwa tidak ada solusi alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang efektif atau tidak akan memperburuk keadaan.

“Saya tidak mengetahui adanya bahan alami yang dapat memperbaiki jaringan parut setelah terjadi,” kata dokter kulit bersertifikat Brooke Jeffy. Hal yang sama berlaku untuk pengobatan rumahan kuno. “Saya tidak akan merekomendasikan perawatan DIY apa pun untuk mengatasi bekas jerawat seperti jus lemon—atau apa pun yang ada di pembuluh darah— karena dapat mengiritasi kulit,” tambah dokter kulit bersertifikat Sheila Farhang.

Cara menghilangkan bekas jerawat

Jika Anda ingin menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya pertimbangkan retinoid dengan resep dokter (yang merangsang produksi kolagen dan pergantian sel, sehingga membantu penyembuhan kulit). “ AHA atau BHA juga dapat membantu menjaga kulit tetap halus dan mengurangi munculnya bekas luka,” kata dokter Jeffy. 

Bahan-bahan tersebut adalah awal yang baik, tetapi jika Anda tidak melihat perbedaannya atau Anda mengalami jaringan parut atrofi, mungkin inilah saatnya menemui ahlinya.

“Cara tercepat untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menemui dokter kulit dan memulai pengobatan yang tepat sesegera mungkin untuk menghindari hiperpigmentasi yang berkepanjangan,” kata dokter Ahram.

Adapun dokter Farhang mengatakan bahwa jika Anda ingin mencoba perawatan di klinik, pilihan seperti pengelupasan kimiawi, laser pelapisan ulang, microneedling, dan suntikan tersedia untuk membantu memperbaiki tampilan jaringan parut bekas jerawat.

Pilihan Editor: Ketahui Sebab Bekas Jerawat Susah Hilang dan Perawatannya untuk Kulit Wajah

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."